Aplikasi Sistem Audio Plug & Play, Tak Perlu Bongkar Kabin

   •    Selasa, 30 Aug 2016 18:18 WIB
audio mobil
Aplikasi Sistem Audio <i>Plug & Play</i>, Tak Perlu Bongkar Kabin
Komponen audio yang sudah plug & play, sesuai tipe kabin dan merek mobil. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak pemilik mobil urung melakukan upgrade sistem audio di mobilnya, padahal sudah punya dana cukup. Penyebabnya tak lain karena sistem audio yang nyaman di telinga biasanya menelan biaya besar. Belum lagi soal bongkar kabin dan mengubah bentuknya. Kalau sudah begini, solusinya adalah pasang sistem audio plug & play.

Konsep yang digunakan oleh sistem ini tak lain adalah tidak merusak penempatan sistem audio yang ada. Misalnya, tidak membongkar door trim, atau mengambil alih fungsi bagasi jadi tempat audio. Intinya semua fungsi di kabin mobil masih sesuai dengan posisinya.

"Kami memang sudah lama meriset sistem ini. Hingga akhirnya menemukan konsep plug & play anti ribet. Karena konsep kabin mobil sekarang ini sudah semakin manis, jadi rasanya banyak yang menyayangkan jika pasang audio sistem yang harus bongkar komponen kabin. Makanya kami buat komponen audio tanpa ganti head unit yang sederhana. Tapi efeknya secara range di telinga sama dengan sistem audio yang mahal," papar General Manager Mastekindo, produsen audio sistem Cello, Ronny Wihardja di Mall Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Penempatan sistem audio di atas dashboard agar tepat langsung ke pendengarnya

Konsep yang sekarang diinginkan para pemilik mobil yang ingin melakukan upgrade audio. Di antaranya adalah hasil suara yang optimal, tidak mengambil ruang banyak, proses instalasi cepat, hemat daya, tampilannya mirip bawaan standar mobil, bebas masalah dan terakhir adalah performanya sama dengan sistem audio yang mahal. Kemudian yang paling penting adalah setup yang sesuai dengan kabin sebuah mobil. Karena tiap kabin berbeda range serapan suaranya.

"Sebisa mungkin tidak mengubah banyak standar milik mobil. Tetap pakai head unit standar, power juga pakai yang khusus karena watt cuma butuh kecil untuk sub woofer 5 inci, pemasangan juga cepat. Hanya sekitar 15 menit. Makanya konsepnya solusi, bukan upgrade yang malah menimbulkan masalah besar," lanjutnya.

Penggunaaan speaker berukuran kecil pun jadi kewajiban. Tapi resepnya harus dengan ramuan yang pas. Artinya rentang frekuensi juga harus lebar, agar bisa membuat semua jenis musik dan responnya sesuai. Khusus untuk mereka yang menginginkan solusi ini, Cello punya varian yang unik mulai dari harga Rp1,2 jutaan. Bagi mereka yang ingin sistem audio yang kompleks pun, tetap dilayani. Pastinya menggunakan komponen yang punya dynamic sound lebih baik.
(UDA)