Tips Knowledge

Cara Mudah Mengatasi Pintu Mobil Tidak Bisa Tertutup Rapat

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 03 Sep 2018 08:15 WIB
tips knowledge
Cara Mudah Mengatasi Pintu Mobil Tidak Bisa Tertutup Rapat
Ragam masalah yang menyebabkan pintu mobil yang tidak bisa tertutup rapat. Youtube

Jakarta: Pintu mobil yang susah atau tidak bisa tertutup rapat kerap dialami mobil yang berusia di atas lima tahun. Penyebabnya beragam, mulai dari pengait, engsel hingga karet pintu yang sudah aus atau rusak termakan usia.

“Masalah ini sering terjadi pada mobil tua, pintu susah ditutup sampai harus dibanting dengan keras. Bahkan ada yang mental kembali," kata Fahmi pebengkel Fahmi Jaya Motor di Bekasi, Senin (9/3/2018).

Fahmi membeberkan, masalah pintu yang tidak bisa menutup dengan sempurna harus segera diperbaiki, karena dikhawatirkan akan merembet ke komponen lainnya. Untuk mengatasinya bisa dilakukan sendiri dan tak perlu dibawa ke bengkel.

Pertama adalah mengecek bagian pengait yang berfungsi mengait jangkar setelah pintu ditutup. Permasalahan yang biasa dialami karena pintu mobil sering ditutup dengan cara dibanting terlalu keras, akibatnya doorlock cepat aus. 

Air yang masuk ke doorlock juga menjadi biang keladi dan menyebabkan komponen tersebut berkarat sehingga tidak berfungsi dengan baik saat pintu ditutup. Cara mengatasinya adalah dengan cara membuka handel pintu terlebih dahulu, kemudian periksa apakah ada pengait yang terlepas atau patah. 

Jika masih bagus cukup dibersihkan bagian yang berkarat. Tapi kalau sudah rusak parah dan tidak bisa diperbaiki sebaiknya ganti dengan yang baru, agar lebih aman saat berkendara.

Kedua adalah periksa engsel pintu. Permasalahan yang biasa terjadi adalah karena usia mobil atau karena perlakuan mobil yang tidak benar. Ini juga bisa dialami mobil usia muda. Kebiasaan membuka pintu dan dibiarkan menggantung terlalu lama salah satu penyebab engsel pintu turun.

Engsel yang sudah aus dan area sekitar engsel yang sudah keropos juga bisa menjadi penyebab, sehingga tingkat presisinya menurun. Untuk itu Anda perlu melakukan penyetelan ulang pintu.

Ketiga adalah mengecek bagian karet pintu. Masalah karet pintu mengeras bisa terjadi, karena dimakan usia. Solusinya adalah mengganti dengan yang baru. Jika ingin membeli karet pintu meteran, pintu bagian depan biasanya membutuhkan sekitar 4 meter. Tapi ada baiknya jika Anda menggantinya dengan yang orisinil, agar lebih awet dengan kualitas terjamin.


(UDA)