Tips Knowledge

Jaga Rutinitas Ganti Oli, Bikin Mesin Turbo Tetep Bertenaga

Ekawan Raharja    •    Jumat, 31 Aug 2018 15:53 WIB
tips knowledge
Jaga Rutinitas Ganti Oli, Bikin Mesin Turbo Tetep Bertenaga
Perawatan Mesin turbo tidaklah sulit. Medcom.id/Ainto Harry Budiawan

BSD City: Beberapa mobil di tanah air saat ini sudah mengusung teknologi turbo. Meski ketambahan komponen keong kecil di dalamnya, perawatannya tidaklah sulit.

Pemilik Workshop Garden Speed, Taqwa Suryo Swasono, menjelaskan perawatan mesin berteknologi turbo tidaklah sulit. Hanya diperlukan pergantian oli dan servis secara berkala dengan tepat.

“Perawatan mobil turbo itu sama saja dengan mobil-mobil lain pada umumnya. Cukup rajin mengganti oli dan melakukan perawatan rutin maka itu saja sudah cukup,” ungkapnya di Indonesia Convention Center (ICE) beberapa waktu silam.

"Sebenarnya 10 ribu kilometer sekalipun masih bisa tapi itu bila digunakan di luar Jakarta yang lancar. Sementara di Jakarta itu kemacetannya cukup tinggi, sehingga meski jarak tempuhnya sedikit, waktu mesin menyala itu termasuk cukup tinggi,” sambungnya.

Lebih lanjut dia bercerita bahwa memang merawat mesin turbo itu sulit di era 1980-an. Mengingat saat ini belum banyak pilihan oli yang sesuai dengan mesin berteknologi turbo. Hanya saja sekarang ini sudah berbeda, dan di pasar sudah tersedia banyak pilihan oli yang sesuai dengan mesin turbo.

Saat ini beberapa mobil sudah menggunakan teknologi turbo untuk mendongkrak tenaga. Sebut saja DFSK Glory 580 atau Honda CV-R, yang menggunakan mesin 1.500 cc turbo.


(UDA)