Perawatan Mobil

Ganti Oli dan Spooring Perawatan Wajib Usai Mudik

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 02 Jul 2017 11:17 WIB
perawatan kendaraan
Ganti Oli dan <i>Spooring</i> Perawatan Wajib Usai Mudik
Ganti oli dan spooring wajib dilakukan untuk mobil yang mudik. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Hal yang tak kalah penting dilakukan pasca mudik lebaran adalah melakukan perawatan mobil, mulai dari bagian mesin hingga kaki-kaki. Terlebih mobil yang digunakan telah melewati jalan yang kurang baik, dan harus menghadapi kemacetan panjang selama berjam-jam.

Perawatan ini penting untuk menjaga kondisi mobil tetap prima dan mencegah terjadinya kerusakan yang lebih besar. Heru Nugroho yang buka praktek bengkel mobil di bilangan Jakarta Barat menjelaskan, pengecekan mobil pasca dibawa mudik sangat penting untuk mengetahui kondisi komponen yang sudah aus.

Komponen tersebut antara lain air radiator, oli mobil, kaki-kaki, rem, ban, shockbreaker dan ball-joint. Termasuk spooring dan balancing. Menurut Heru ada hal wajib dan tidak bisa ditawar pasca mudik, yaitu pengecekan oli mesin dan spooring.

Disarankan agar segera mengganti oli mesin jika telah dipergunakan untuk ke luar kota, dengan jarak tempuh mencapai 5.000 kilometer atau lebih. Untuk tipe oli tertentu, memang bisa untuk pemakaian hingga 7.000 km, dan ada juga yang bisa sampai 20.000 km. Sedangkan spooring wajib dilakukan terutama setelah melewati kondisi jalan jelek/rusak.

Spooring bertujuan untuk menyelaraskan roda bagian depan kanan dan kiri. Serta menjaga stabilitas kendaraan yang meliputi, kemudi yang ringan, menjaga gaya putar setelah belok dan mencegah kendaraan belok sendiri setelah dilepas.

“Tapi untuk melakukan spooring kondisi kaki-kaki yakni ball-joint dan ban/roda harus dalam kendaraan normal atau tidak rusak. Jika tidak, maka hasil pekerjaannya tidak akan maksimal,” tutupnya.
 


(UDA)