Safety Driving

Trik Berkendara Aman, Pandangan Wajib ke Depan

Ekawan Raharja    •    Selasa, 21 Nov 2017 09:41 WIB
safety driving
Trik Berkendara Aman, Pandangan Wajib ke Depan
Ketika mengemudi fokus pandangan harus ke depan untuk memastikan mobil berjalan dengan baik dan benar. MTVN/Ekawan

Jakarta: Kegiatan mengemudi merupakan aktivitas sehari-hari bagi sebagian kalangan. Perlu diingat juga bahwa mengemudi merupakan kegiatan yang berbahaya jika dilakukan sembarangan, maka diperlukan fokus penuh ketika melakukannya.

Instruktur Safety Driving, Didi Hardianto, menambahkan ketika mengemudi pandangan harus lurus kedepan. Hal ini untuk memastikan kondisi lingkungan yang akan dilalui dan jarak yang ada di depannya.

"Pengemudi harus melihat jalan kedepan. Fokus! Jangan menoleh saat berkendara, apalagi di jalan luar kota," jelas Didi Hardianto saat berbicara di Metro TV.

Jika ingin melihat kondisi disekitar, baik belakang atau samping, cukup melihat melalui kaca spion. Cara mengelihatnya pun cukup melirik, tidak perlu menoleh ke kiri ataupun ke kanan.

"Lihat spion setiap 8 detik sekali. Agar tahu kondisi kendaraan yang ada di sekitar kita," jelas Direktur Utama Rifat Drive Labs, Rifat Sungkar, dikesempatan terpisah.

Konsentrasi ini tentu perlu dijaga. Hal ini ditegaskan oleh Instruktur dan juga pendiri JDDC, Jusri Pulubuhu, yang menjelaskan ketika mengemudi merupakan kegiatan yang memerlukan konsentrasi penuh. Sehingga pengemudi dilarang melakukan aktivitas lain selain berkendara.

"Mengemudi kalau tidak dilakukan dengan konsentrasi bisa berbahaya, apalagi kalau disambi dengan kegiatan lain seperti bermain gawai," ujarnya di lain kesempatan.

Nah sudah tahu kan bagaimana seharusnya mengemudi? Semoga selamat disetiap perjalanan anda.


(UDA)