Tips Knowledge

Efek Buruk Pasang Ban Kecil pada Motor

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 22 Nov 2017 08:58 WIB
tips knowledge
Efek Buruk Pasang Ban Kecil pada Motor
Ban tipis yang tidak sesuai standar bisa membuat karakter motor jadi liar. Bicycles

Jakarta: Mengganti ban motor tentu sah-sah saja untuk dilakukan, terutama jika ban tersebut sudah harus diganti. Namun hati-hati jika ingin menggantinya dengan ukuran yang lebih kecil, jangan sampai hal tersebut membuat motor Anda tak nyaman dan tak aman untuk dikendarai.

Seperti yang dipaparkan HSE dan Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC), Jusri Pulubuhu, di bahwa ukuran ban harus sesuai ukuran standar. Dia menghimbau untuk tidak mengganti ukuran ban motor dengan ukuran yang lebih kecil.

"Jangan menggunakan ban ukuran kecil pada motor. Penggunaanya bisa membuat kendaraan menjadi lebih licin dan mudah slip," papar Jusri Pulubuhu saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu

Jusri menambahkan bahwa menggunakan ban ukuran kecil sangat tidak dianjurkan. Terlebih jika mesin sudah di bored-up dan tenaga yang dihasilkan pun meningkat.

"Melakukan modifikasi seperti apapun sah-sah saja jika untuk keperluan display. Tapi kalau untuk dipakai berkendara, sebaiknya tetap memperhatikan safety berkendara," pungkasnya.

Selain lebih licin jika menggunakan ban dengan profil yang lebih kecil dan tipis, juga membuat bantingan motor jadi lebih liar. Pengendara akan gampang kehilangan kendali ketika berada di jalan yang tak rata.

Jangan membandingkannya dengan motor balap drag. Sebab motor ini sudah mengalami penyesuaian. Baik itu di tingkat stabilitas handling, juga pada dimensi jarak sumbu antar roda. Jadi tetap stabil meski pakai ban dengan profil tipis.


(UDA)