Tips Knowledge

Check Engine Menyala, Tanda Ada Sistem Malfungsi

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 29 Nov 2017 12:37 WIB
tips knowledge
<i>Check Engine</i> Menyala, Tanda Ada Sistem Malfungsi
Kenali penyebab indikator check engine sepeda motor menyala. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Sepeda motor keluaran terbaru atau modern sudah dilengkapi indikator check engine yang ditandai dengan gambar semacam bongkahan mesin. Indikator ini biasanya terdapat di speedometer atau panel instrumen dashboard unit motor-motor berdimensi besar atau pun kecil.

Normalnya, setiap kita akan menghidupkan mesin motor, indikator ini memang akan menyala, kemudian mati dalam hitungan tiga detik. Permasalahannya kalau lampu indikator ini menyala terus, maka bisa dipastikan terjadi masalah di mesin motor tersebut.

"Jika indikator tersebut menyala atau aktif, artinya terjadi malfungsi atau masalah pada mesin atau komponen lainnya," papar Yosi pemilik bengkel motor Bengbrand, di bilangan Bekasi Timur, beberapa waktu lalu

Menurutnya ada beberapa hal yang menyebabkan indikator check engine menyala. Bisa jadi karena aki atau baterai mulai tekor, sensor yang tidak terbaca engine control unit (ECU), ECU rusak, kabel speedometer putus, dan masih banyak hal lainnya.

Berdasarkan pengalamannya menangani masalah indikator check engine yang menyala terus di Yamah Mio J. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata kabel speedometer-nya putus.

Lanjut Yosi, dia juga pernah menangani masalah check engine menyala dan kedap–kedip saat mesin dihidupkan, dan motor yang tetap berjalan normal dan berfungsi seperti biasanya. Setelah dicek, ternyata karena faktor aki yang tekor.

“Kalau indikator check engine menyala terus tapi tidak mempengaruhi kinerja mesin motor, tidak usah panik. Banyak kemungkinan yang terjadi, saran saya datangi bengkel resmi atau bengkel langganan Anda guna memeriksakan kondisi tersebut, nanti akan didiagnosa ECU-nya dan akan ketemu penyakitnya," tutup Yosi.


(UDA)