Tips Mobil

Kampas Rem Mobil Basah, Bikin Kurang Pakem

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 10 Oct 2016 16:22 WIB
tips mobil
Kampas Rem Mobil Basah, Bikin Kurang Pakem
Perhatikan kondisi rem setelah terobos genangan air atau banjir. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi (Jabodetabek) membuat genangan air di sebagian ruas jalan. Bagi mobil yang menerobos genangan air yang cukup dalam, agar waspada dan perhatikan kondisi rem.

Karena kampas rem yang basah setelah terkena air akan menjadi lebih licin dan mengurangi kekuatan cengkeram, bahkan bisa mengakibatkan rem tidak pakem atau blong.

"Hati-hati bagi kendaraan yang telah terendam atau melewati banjir, jangan terlalu yakin dulu dengan kondisi rem mobil Anda," terang Toha, mekanik yang praktek di bengkel Pit Stop di bilangan Jakarta Timur.

Untuk mencegah hal tersebut Toha memberikan tips-nya. Pertama yag harus dilakukan setelah melewati genangan air yang tinggi atau dalam adalah, injak rem mobil secara perlahan setelah untuk mengetes kekuatan cengkeraman kampas rem yang basah.

Setelah Anda mengetahui filing dan kekuatan kampas rem yang basah, kemudian sering injak rem, ini berfungsi untuk mengeringkan kampas rem. Lakukan hal ini sampai dirasa cukup dan Anda yakin rem telah kering dan berfungsi dengan normal.


(UDA)