Tips Knowledge

Waspada! Lampu Putih HID, Tak Tembus Hujan

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 26 Nov 2018 08:13 WIB
tips knowledge
Waspada! Lampu Putih HID, Tak Tembus Hujan
Lampu berwarna putih atau memiliki color temperature diatas 5.000 Kelvin tidak bagus disaat hujan. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Musim hujan kini sedang melanda beberapa daerah di Indoensia. Bagi pengendara, hujan turun di malam hari, penerangan menjadi bagian vital membantu visibilitas selama perjalanan.

Bagi yang sudah menggunakan lampu aftermarket, tentu harus melihat intensitas cahaya. Jika lampu yang digunakan lebih dari 5.000 Kelvin (K) sebaiknya segera mengganti untuk menghadapi musim hujan.
 
Secara teori tidak nampak karena sifat air yang bening dan terkena cahaya yang putih jadinya tembus," terang Hendra Wibowo, Owner Bengkel RK Motor, saat dihubungi beberapa waktu lalu.

Pria energik ini menyarankan untuk mengganti dengan lampu yang memiliki color temperature 3.000K-5.000K. Lampu yang memiliki color temperature tersebut cocok untuk digunakan di segala cuaca.

Pendapat yang sama juga dibeberkan Wira Sentosa, dari bengkel spesialis lampu Asia Jaya Motor di kawasan Pondok Gede, Jakarta Timur. Menurutnya penggunaan lampu HID di musim hujan seperti sekarang sah-sah saja, tapi harus memperhatikan beberapa hal supaya tidak merugikan nantinya. "Pertama, usahakan pilih HID dengan kelvin (satuan intensitas warna) tidak lebih dari 6.000," 

Alasannya lampu HID yang memiliki kelvin di atas 6.000 menghasilkan sinar berwarna putih kebiruan. "Sinar jenis ini tidak bisa tembus air hujan lantaran terbiaskan oleh butiran air di udara. Kemudian juga efek pantulan sehingga membuat mata pengendara silau," wanti Wira.


(UDA)