Tematis Busi

Jangan Sampai Telat, Ini Indikator Waktu Ganti Busi

Ahmad Garuda    •    Kamis, 13 Dec 2018 17:48 WIB
tips motorkomponen otomotiftips knowledge
Jangan Sampai Telat, Ini Indikator Waktu Ganti Busi
Ketahui waktu tepat mengganti busi, agar mesin tetap sehat. Noticiascoches

Jakarta: Banyak orang yang masih salah kaprah tentang waktu yang tepat untuk melakukan penggantian busi. Mereka menganggap bahwa selama mesin masih bisa beroperasi seperti biasa, maka busi masih sangat layak untuk digunakan.

Parahnya, ada juga malah berpikir menggunakan komponen tersebut, hingga kendaraan yang digunakannya tak lagi bisa beroperasi.

Namun secara umum, busi merupakan komponen otomotif yang masuk kategori fast moving atau komponen yang cepat rusak dan harus diganti jika waktunya sudah tiba. Indikator untuk menggantinya pun sudah ditentukan berdasarkan jarak tempuh kendaraan bermotor tersebut dan yang kedua adalah tingkat keausan elektroda.

Menurut Technical Supporting PT NGK Busi Indonesia, Diko Octoviano saat bertemu dengan Medcom.id, bahwa penggantian busi itu berbeda dengan pelumas kendaraan. Sehingga patut juga disosialisasikan agar masyarkat sadar tentang pentingnya hal ini.

"Kalau penggantian oli di kendaraan, sudah banyak yang sadar. Tapi kalau busi, belum banyak yang mau ambil tahu. Padahal kalau terlambat, bisa mengakibatkan mesin tak optimal dan bisa mempengaruhi kinerja sistem kelistrikan lainnya. Busi itu bisa mulai diganti ketika jarak tempuh kendaraan sudah berada di 6.000 kilometer. Kalau di bawah itu dan sering diparkir di garasi rumah, ya busi masih tetap bagus. Meski disimpan selama setahun," klaim Diko.

Diko membandingkannya dengan pelumas, bahwa tanpa diberitahu pun orang-orang mulai sadar untuk melakukan penggantian oli paling tidak sebulan sekali. Menurut Diko itu hal wajar, karena banyak hal yang mempengaruhi oli dalam ruang mesin. Misalnya kadar viskositas akan berubah, warna berubah, bau berubah hingga kemungkinan adanya kandungan air yang kemungkinan rembes dari beberapa bagian.

"Kalau busi, tidak demikian adanya. Tentu untuk busi tipe nikel atau non logam mulia, jarak tempuhnya sudah terprediksi. Sementara untuk yang menggunakan logam mulia, masih banyak untuk keperluan penggunaan di mobil."

Ketika sudah mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan penggantian komponen tersebut, Anda bisa mulai meraba waktu penggunaan busi yang ada saat ini tinggal beberapa kilometer lagi. Sehingga semua komponen pengapian di kendaraan Anda tidak ikut bermasalah.


(UDA)