Tips Knowledge

Efek Buruk Mobil yang Menganut Aliran Bippu

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 11 Oct 2017 16:56 WIB
tips knowledge
Efek Buruk Mobil yang Menganut Aliran Bippu
Perhatikan dalam memodifikasi mobil biar tetap nyaman dan aman. Cheatsheet

Metrotvnews.com, Jakarta: Penganut modifikasi mobil bergaya ceper memang gak ada matinya. Belakangan gaya ceper ini memunculkan Bippu alias VIP Style yang cirinya menggunakan mobil mewah lawas dengan roda celup nyaris rebah.

Aliran ini fokus untuk mengubah tampilan mobil menjadi lebih modis dan lebih mewah dari tampilan standar pabrik. Namun jangan anggap enteng dalam memodifikasi mobil ceper, karena akan berhubungan dengan masalah suspensi yang memberikan kenyamanan mobil Anda.

Tren saat ini adalah modifikasi chamber agar mendapatkan ceper yang ekstrim, yaitu menyetel sudut kemiringan ban mobil, baik ban depan ataupun ban belakang. Biasanya dinyatakan dalam chamber negatif atau chamber positif.

Sebelum melakukan modifikasi chamber, Cheatsheet mengulas tentang dampak dan pengaruhnya terhadap mobil Anda, sehingga dapat menjadi pertimbangan.

Dapat dipastikan yang pertama Anda akan merasakan bantingan suspensi menjadi lebih keras, dan siap-siap bodi mobil akan menderita luka ringan atau parah, akibat ground clearance yang terlalu rendah.

Modifikasi chamber ini biasanya dilakukan untuk mendapatkan dalam sudut sangat tebal agar ban bisa masuk dalam fender mobil, akibatnya mobil dipastikan berguncang tidak wajar.

Umur ban juga dijamin jadi tidak awet karena menahan beban mobil hanya bagian dalamnya saja. Perlakuan chamber negatif sudut tebal juga akan menyebabkan guncangan terus menerus, serta tumpuan rotasi roda yang berat sebelah. Otomatis akan mempengaruhi umur kaki mobil Anda menjadi lebih pendek alias cepat rusak.

Contoh kondisi ball joint yang sudah rusak

Menurut Fahmi, pemilik bengkel Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur, Jawa Barat, pemakaian pelek dan ban besar bakal memperpendek usia pakai beberapa komponen. Terutama di bagian kaki-kaki mobil.

“Pemakaian ban dan pelek besar akan membuat kerja setir dan ball joint, tie rod, serta bearing roda jadi lebih berat. Apalagi jika sering melewati jalan jelek/berlubang."


(UDA)