Safety Riding

Jalan Basah, Bikers Wajib Jaga Kecepatan dan Kuasai Pengereman

Ekawan Raharja    •    Jumat, 27 Apr 2018 15:20 WIB
safety riding
Jalan Basah, Bikers Wajib Jaga Kecepatan dan Kuasai Pengereman
Perhatikan cara berkendara ketika hujan. Doc MI

Bekasi: Sebagian daerah di Indonesia kini masih intensif dilanda hujan. Bagi bikers tentu perlu ekstra waspada dan memperhatikan banyak hal ketika berkendara di bawah guyuran air hujan.

Selama perjalanan, bikers harus memperhatikan teknik berkendara agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat cara berkendara saat panas dan hujan sedikit berbeda.

Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Motora, Asep Wawan, menerangkan bahwa saat hujan terdapat teknik khusus. Hal yang utama adalah pengendara sepeda motor harus memperhatikan kecepakaan selama perjalanan.

"Kontrol kecepatan harus dijaga. Saat hujan kecepatan jangan tinggi, sekitar 30-40 kilometer per jam (kpj). Sedangkan saat melintas di jalanan yang belum diketahui, apalagi ada genangan, turunin kecepatan jadi sekitar 20 kpj," terang pria yang akrab disapa Awe beberapa waktu lalu.

Kemudian saat hujan, hindari sebisa mungkin rem depan dan gunakan rem belakang. Hal ini untuk menghindari kemungkinan slip atau tergelincir jika menggunakan rem depan.

"Titik handling motor itu ada di rem depan. Kalau misalkan ban depan slip karena kerikil atau lobang, pakai rem depan bisa lebih slip lagi," lanjut Awe.


(UDA)