Tips Merawat Mobil

Usai Mudik, Jangan Lupa 'Mandi Wajib'

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 01 Jul 2017 20:00 WIB
perawatan kendaraan
Usai Mudik, Jangan Lupa 'Mandi Wajib'
Cuci mobil secara menyeluruh agar nyaman dipakai. BMWblog

Metrotvnews.com, Jakarta: Berakhirnya libur lebaran juga sebagai pertanda musim mudik telah usai, ibukota pun kembali ramai, aktifitas bakal kembali normal pekan depan. Untuk Anda yang mudik pakai mobil pribadi, pastikan mobil Anda sudah 'mandi wajib'. Artinya bersih secara menyeluruh.

Sebaiknya akhir pekan ini lakukan pencucian menyeluruh pada seluruh bagian. Termasuk kolong mobil, meski selama mudik mungkin tidak kena hujan atau jalan becek.

"Setidaknya mobil harus fresh secara menyeluruh, apalagi kolong jarang banget dicuci. Pokoknya kita ambil tindakan preventif, apalagi ini mobil kesayangan yang dipakai sehari-hari," papar Joddy Ario, dari JDM Project saat berbincang dengan Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kemudian bersihkan juga bagian interior mobil seluruhnya. Tidak hanya menggunakan lap basah atau lap sintetis untuk membersihkan dashboard, jok atau doortrim, tapi juga lepas dan cuci seluruh karpet dan divakum.

"Supaya kuman dan debu hilang, pakaikan juga pembersih agar interior wangi dan fresh," sambung Joddy yang berada dikawasan Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Selain cuci menyeluruh, Joddy juga menyarankan untuk poles bodi. Tentunya untuk menghilangkan baret-baret halus atau menyamarkan lecet yang timbul selama perjalanan. Terlebih Anda yang meletakkan barang bawaan mudik di atap mobil.

Kalau mobil sudah fresh, mengemudikannya juga pasti lebih nyaman.


(UDA)