Tips Knowledge

Cara Mudah Bersihkan Serangga yang Menempel Pada Mobil

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 23 Oct 2017 09:42 WIB
tips mobil
Cara Mudah Bersihkan Serangga yang Menempel Pada Mobil
Serangga yang sudah kering harus dibersihkan dengan benar agar tak merusak cat. Auto Geek

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain debu, tanah dan aspal, noda yang kerap hinggap di mobil kesayangan adalah serangga. Meski terlihat sepele, nyatanya membersihkan serangga yang melekat mobil tak bisa sembarangan.

Serangga ini mengandung asam yang mampu merusak cat, jika sudah mengering. Untuk membersihkannya, ada yang menggunakan cairan penetran seperti WD 40 lalu lap dengan kain bersih seperti dituliskan Autoevolution.

Bisa juga dengan air sabun, cara ini paling mudah namun harus hati-hati. Basahi dulu permukaan mobil, dan biarkan beberapa saat. Kemudian basuh dengan air sabun, gosok dengan perlahan di bagian yang kotor, biasanya noda serangga ada di grill, kap mesin dan kaca.

Sedangkan untuk membersihkan noda serangga di kaca, Anda tak bisa menggunakan produk yang mengandung minyak. Hal ini karena setelah noda serangga bersih, justru akan ada noda minyak dari cairan pembersih yang bisa mengganggu pandangan pengemudi.

Cara membersihkan paling baik sama dengan lainnya, basahi noda, diamkan beberapa saat dan basuh dengan air sabun. Untuk noda yang membandel dan sulit, bisa tambahkan sedikit baking soda agar tak menggores kaca.

Cara lain adalah menggunakan minuman cola untuk menyingkirkan noda serangga. Kandungan kimia di minuman ini bisa membuat noda jadi lunak dan mudah dibersihkan. Jangan lupa dibilas dengan sabun dan air bersih setelahnya.


(UDA)