Tips Knowledge

Tangki BBM Penuh, Lebih Tenang di Jalan

Ahmad Garuda    •    Rabu, 18 Oct 2017 19:11 WIB
tips knowledge
Tangki BBM Penuh, Lebih Tenang di Jalan
Jangan biarkan bahan bakar kurang dari setengah tangki, agar tak uring-uringan di jalan raya. Dok MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Rekomendasi ukuran bahan bakar tak kurang dari setengah tangki, ternyata bukan hanya masalah teknis saja. Namun juga ada hubungannya dengan perilaku berkendara aman di jalan raya.

Menurut Praktisi Safety Riding, Dhany Ekasaputra, bahwa salah satu penyebab bikers biasa terburu-buru mengendarai motornya adalah karena bahan bakar dalam tangki sudah tiris. Sehingga seseorang cenderung berkendara uring-uringan mencari stasiun pengisian bahan bakar terdekat.

"Apalagi dalam kondisi macet parah dan hujan, selain tak ingin basah kuyup, pengendara juga akan khawatir tentang isi bahan bakar dalam tangki motornya. Di sinilah pentingnya selalu mengisi bahan bakar dalam tangki motor minimal setengah dari kapasitas penuhnya," klaim Dhany.

Pria berkacamata yang doyan mengupas tentang perilaku aman berkendara di Indonesia itu menegaskan, jika tangki bahan bakar selalu penuh, membuat perasaan hati juga tenang. Tidak takut kekurangan bahan bakar saat perjalanan jauh dan siap dibawa ke mana saja.

"Jadi bukan hanya dari sisi teknis saja misalnya soal rentan karat/keropos karena ada celah yang mungkin dihinggapi embun air yang masuk ke tangki melalui celah kecil. Tapi manfaatnya cukup banyak."

Membiasakan tangki bahan bakar tidak kurang dari setengah tangki, juga memberikan ketenangan saat ingin melakukan servis kendaraan di bengkel. Biasanya untuk membersihkan beberapa komponen mesin, menggunakan bahan bakar dari tangki bahan bakar motor itu sendiri.

Jika kebetulan bahan bakar sudah tiris dan jarak SPBU cukup jauh dari bengkel, ini bakal jadi masalah lain.


(UDA)