Tips Knowledge

Asap Putih dari Knalpot, Gejala Ring Piston Lemah

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 12 Oct 2017 08:57 WIB
tips knowledge
Asap Putih dari Knalpot, Gejala Ring Piston Lemah
Ring piston yang sudah lemah sebaiknya segera diganti agar mesin jadi lebih bertenaga. Enginebasics

Metrotvnews.com, Jakarta: Tenaga atau performa mesin yang menurun atau loyo dapat disebabkan beberapa hal, salah satunya tekanan kompresi mesin yang sudah lemah.

Untuk mengidentifikasi kompresi mesin yang sudah lemah dapat dilihat dari gejala yang ditimbulkan, seperti keluarnya asap putih di knalpot, usia pakai busi lebih pendek, dan berkurangnya volume oli mesin.

Menurut Tomi, mekanik salah satu bengkel dibilangan Jakarta Timur, asap putih yang keluar dari knalpot karena komponen ring piston (ring seher) atau seal klep sudah lemah, sehingga menyebabkan merembesnya oli dan masuk ke ruang bakar. Oli yang masuk diruang bakar akan menghasilkan asap putih yang dibuang melalui knalpot.

Selain itu, oli yang masuk ke ruang bakar juga membuat busi cepat mati, dan kepala busi akan berwarna hitam dan berkerak akibat oli yang terbakar. Hal yang lebih bahaya, oli mesin akan cepat berkurang jika kondisi ring piston semakin parah.

Tomi membeberkan pengalamannya untuk memperbaiki mobil dengan kerusakan seperti ini, menurutnya tidak ada cara lain selain mengganti komponen ring seher yang sudah lemah dengan yang baru. Kerusakan ini bisa disebabkan karena usia pakai atau perawatan yang tidak benar, seperti mengganti oli yang tidak tepat waktu dan mesin pernah mengalami overheat.

Bagi pemilik kendaraan yang sudah mengalami gejala tersebut, sebaiknya lebih sering mengecek kondisi oli mesin sesering mungkin, terutama setelah melakukan perjalanan jauh. Pastikan oli mesin mobil tidak kering, karena akan berakibat kerusakan yang lebih parah atau overheat dan harus turun mesin.


(UDA)