Tips Knowledge

Kaca Depan Mobil Buram? Waspadai Masalah Utamanya

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 03 Apr 2017 19:00 WIB
tips knowledge
Kaca Depan Mobil Buram? Waspadai Masalah Utamanya
Mengatasi kaca berembun di Ayla. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Lain ladang lain belalalang, lain merek mobilnya lain pula permasalahan yang dihadapi. Seperti yang disharing oleh Aman Nurmansyah di laman Facebooknya, Jakarta, Sabtu (28/1/2017), yang menyebutkan kaca bagian depan Daihatsu Ayla miliknya buram seperti berkabut, terutama setelah hujan reda.

"Saya kerepotan kalau bawa 'neng Ayla' di malam hari, saat hujan kacanya buram seperti berkabut. Semakin disapu wiper kaca semakin putih, kalau hujan sudah reda kaca berkabut bagian luar, padahal enggak pasang ac," kata Arman, yang merupakan member Club Ayla Indonesia (CAI).

Ilustrasi. Wikihow

Beragam komentar yang memberikan solusi permasalah ini pun bermunculan, mulai dari aplikasi glass scrub, ganti wiper, penggunaan jamur kaca hingga menyetel suhu AC mobil.

"Coba aplikasi glass scrub, scrub kaca yang waktu aplikasinya kaca dalam keadaan basah dan keringkan. Setelah itu coba produk glaco, aturan pakainya mesti searah, dari atas ke bawah. Mungkin anti jamur yang sudah pernah dipakai enggak cocok, jadi masalah tetap ada. Bukan masalah wiper, meskipun wiper yang bagus juga berperan dalam hal membersihkan kaca," saran Dadi R Natali dalam komentarnya di CAI.

Lain lagi yang disarankan oleh Durian-Gajah Bolang Celebes yang juga member CAI. "Jadi memang rata-rata sama. Bukan masalah berembunnya juga sih. Tapi lebih ke kacanya. Kalau hujan malam itu dan kena sapuan wiper kaca jadi putih burem, sama seperti mobil saya. Solusinya, kalau keluar malam dan kondisi hujan, usap dulu kacanya pake glashmear. Itu yg saya lakukan selama ini."

Masalah dengan kaca depan ini, memang cukup rumit. Bukan hanya pengguna Daihatsu Ayla saja yang mengalaminya. Tapi lebih universal. Terutama bagi mereka yang memarkir mobilnya di udara terbuka. Hujan dan terik matahari juga punya peran untuk membuat kebeningan kaca jadi terganggu.

Terpenting adalah mendeteksi penyebab masalahnya, dan kemudian ambil tindakan yang sesuai. Jika masih timbul juga, mungkin ada baiknya melakukan perawatan langsung di salon mobil. Biasanya mereka selalu punya solusi.


(UDA)