Safety Riding

Fokus Mata, Kunci Mengendalikan Sepeda Motor di Sirkuit

Ekawan Raharja    •    Selasa, 28 Feb 2017 18:00 WIB
safety riding
Fokus Mata, Kunci Mengendalikan Sepeda Motor di Sirkuit
Pandangan menjadi salah satu kunci untuk bisa mengendalikan sepeda motor dengan baik saat di dalam sirkuit. MVOCI

Metrotvnews.com, Sentul: Saat ini banyak komunitas roda dua atau perorangan yang menyewa sirkuit untuk mencoba kuda besinya. Salah satu cara untuk mengendalikan tunggangan sepeda motor di sirkuit adalah fokus pandangan.

Instruktur Safety Riding di acara Campaign Safety Riding MVOCI-MVI, Muhammad Yunus, menjelaskan bahwa fokus mata atau pandangan memegang peran penting pengendalian sepeda motor. Dia menyebutkan bahwa posisi pandangan yang benar akan membuat mengendalikan sepeda motor lebih mudah.

"Saat berada di sirkuit, selalu arahkan pandangan ke sisi terjauh lintasan. Jika sudah benar, nanti badan dan sepeda motor pun akan mengikuti dengan sendirinya," ucap Yunus kepada Metrotvnews.com, di Bogor, beberapa waktu lalu.

Yunus juga menjelaskan meski pandangan lurus ke depan, bukan berarti badan harus kaku. Khususnya leher harus di buat rileks agar bisa mengikuti pandangan saat memacu kuda besi.

"Jika ada tikungan, bukan berarti leher harus kaku dan hanya melihat ke depan. Rileks saja, mata tetap melihat posisi terjauh lintasan dan leher pun mengikuti. Jangan cuma melirik saja."

"Coba kita ambil contoh pembalap MotoGP. Saat tikungan selalu kita lihat motornya mengarah kemana dan lehernya melihat kemana. Ini karena mereka selalu melihat ke depan, ke lintasan terdepan," tambahnya.

Pria yang gemar touring ini juga membeberkan jika di dalam lintasan, sebaiknya bikers tidak melihat speedometer. Jika melihat speedometer, nantinya mental bisa turun dan tidak berani memacu secara maksimal kuda besi kesayangannya.


(GUS)