Tips Knowledge

Mengenal Berbagai Bentuk dan Jenis Semir Ban

Ekawan Raharja    •    Rabu, 26 Jul 2017 08:56 WIB
tips knowledge
Mengenal Berbagai Bentuk dan Jenis Semir Ban
Perhatikan jenis semir ban yang akan anda gunakan untuk ban di mobil kesayangan. Car Products Tested.

Metrotvnews.com, Jakarta: Membersihkan dan menyemir ban mobil merupakan kegiatan penting untuk menjaga menampilan tunggangan. Diperlukan semir ban yang tepat agar hasil yang didapatkan pun maksimal, dan tidak menggangu fungsi ban.

Banyak orang yang menggunakan sabun khusus untuk mencuci mobil kemudian membersihkan dan juga mengilapkan si karet bunder ini. Namun perlu diingat bahwa ada pula cairan khusus yang memang didesain untuk membersihkan dan juga memberikan kilap ban mobil.

Semir untuk ban bermacam-macam jenisnya. Jika dibagi berdasarkan modelnya, tersedia semir model cair, aerosol, dan juga foam. Bila mencari yang praktis, maka pemilik mobil bisa memilih semir ban model foam karena tidak perlu membilasnya dengan air. Tetapi jika mencari efek mengkilap, tetap saja konsumen harus menggunakan semir ban model cair.

Kemudian melihat berdasarkan materialnya, memang semua semir ban menggunakan bahan silikon untuk membuatnya mengkilap seperti baru. Hanya saja silikon yang digunakan belum tentu sama, ada yang menggunakan silikon solvent dan ada juga silikon water base.

Silikon berbahan solvent memang menghasilkan tampilan yang mengkilap, hanya saja hasilnya tidak tahan lama. Bila digunakan secara intens, maka akan mempercepat usia pakai ban karena efeknya karet cepat getas.

Kemudian silikon berbahan water base banyak digunakan oleh semir ban seperti Kit, Autoglym, Meguairs, dan beberapa merek lainnya. Semir ban dengan bahan silikon water base paling ideal untuk merawat ban mobil. Karena tidak membuat karet jadi getas dan elastisitas karet juga terjaga.

Nah sudah tahu kan sekarang jenis-jenis semir ban mobil. Jangan salah pilih sebelum menggunakannya.


(UDA)