Tips Knowledge

Motor Fan Radiator Brio Rentan, Kabin Bisa Ikut Panas

Ahmad Garuda    •    Kamis, 07 Sep 2017 08:08 WIB
tips knowledge
Motor Fan Radiator Brio Rentan, Kabin Bisa Ikut Panas
Indikator temperatur mesin naik, biasanya diikuti dengan sistem pendingin kabin tidak berfungsi. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Sistem yang sederhana dibuat untuk mesin-mesin mobil yang masuk tipe low cost green car (LCGC). Selain untuk menghemat biaya produksi, juga agar komponen yang dibutuhkan tidak banyak.

Salah satu yang cukup sederhana adalah kipas radiator yang sekaligus berfungsi untuk kipas AC. Tentunya bisa dibayangkan, jika terjadi masalah terhadap komponen itu. Kabin pastinya bisa ikut panas karena proses di fan atau kipasnya bermasalah.

"Masalah ini beberapa kali terjadi kepada pengguna Honda Brio. Penyebabnya tentu banyak, tapi efeknya bisa mempengaruhi suhu dalam kabin atau sistem pendingin kabin. Ini wajar karena cuma ada satu kipas untuk radiator dan pendingin kabin," klaim Service Advisor, Honda Kebon Jeruk, Ucu.

Menurut pengakuan Zikri Irfandi salah satu pengguna Brio yang pernah mengalami hal tersebut di 2016 lalu, bahwa sistem pendingin kabin mobil akan sontak berhenti. Itu pasti terjadi karena kipasnya tidak berfungsi. Selain itu lampu temperatur di panel indikator dashboard juga menyala setelah kedip-kedip.

Efek lainnya adalah adalah air radiator jadi sering berkurang di tangki penampungan cadangan. Menurut pengguna lainnya bahwa masalah ini sudah banyak terjadi. Padahal jarak tempuh mobil masih sekitar 10.000 km - 20.000 km.

"Sepertinya ada cacat produksi di fan Honda Brio. Unit yang paling banyak mengalami ini adalah unit Brio 2014, harusnya di-recall nih!" lanjut Zikri.

Jika dirunut tentang penyebab masalahnya, banyak yang tak yakin kalau penyebabnya sering dipakai macet-macetan di jalan perkotaan. Mengingat mereka pengguna Brio yang jarang kena macet pun terkena masalah ini.

Solusi paling gampang adalah membawanya ke bengkel resmi untuk penggantian secara cuma-cuma. Mengingat unit yang terkena masalah ini terbilang masih dalam cakupan garansi resmi. Asalkan rekam perawatan dilakukan di bengkel resmi, maka semuanya akan diganti secara cuma-cuma.

Namun bagi pengguna Brio yang tak lagi berada dalam masa garansi, harga kisaran motor fan bisa berada di angka Rp800 ribuan untuk komponen orisinal.


(UDA)