Tips Motor

Cara Mudah Merawat Pelek Jari-jari Sepeda Motor

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 02 Jun 2017 10:21 WIB
tips motor
Cara Mudah Merawat Pelek Jari-jari Sepeda Motor
Pentingnya pengecekan berkala pelek sepeda motor jari-jari. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak sedikit bikers yang menganggap sepele dan membiarkan kondisi pelek sepeda motor yang sudah tidak baik. Padahal, piranti yang satu ini perlu juga mendapat perhatian ekstra. Terlebih jenis pelek jari-jari yang memiliki jaruji lebih banyak dibanding pelek racing.

Yosi, pemilik bengkel Bangbrand di bilangan Pondok Timur Indah, Bekasi Timur, Jawa Barat, berbagi tips cara merawat pelek sepeda motor yang baik agar selalu dalam kondisi yang prima.

"Pelek jari-jari perlu dicek secara berkala, salah satunya adalah dengan memeriksa kekencangan jeruji terhadap ring pelek," beber Yosi, saat berbincang dengan Metrotvnews.com, di Bekasi, Kamis (1/6/2017).

Lebih lanjut Yosi menjelaskan, buatlah kekencangan yang pas dan pastikan untuk tidak menyetingnya terlalu kencang atau terlalu longgar, karena bisa membuat kondisi velg menjadi bengkok dan rusak.

Untuk melakukan pengecekan sebaiknya jangan tunggu kondisi pelek rusak. Segera lakukan penyetelan ulang pada pelek yang yang sudah tidak seimbang, sebab bisa bedampak pada rusaknya laher roda dan bikin ban habis tidak merata.

"Untuk pelek jari-jari cukup setel ulang kekencangannya, sementara untuk pelek palang atau racing dengan cara dipress," tambah Yosi.

Hal terakhir yang tidak kalah penting agar pelek jari-jari tetap awet adalah rutin membersihkannya dari kotoran yang menempel. Jangan dibiarkan dalam keadaan kotor terlalu lama, karena bisa menimbulkan karat di pelek dan tentunya menjadi tidak awet.


(UDA)