Tips Mudik Aman

'Dedek' Bayi Wajib Nyaman Dalam Mobil saat Mudik

Ahmad Garuda    •    Selasa, 06 Jun 2017 07:28 WIB
tips mudik
'Dedek' Bayi Wajib Nyaman Dalam Mobil saat Mudik
Siapkan perlengkapan bayi agar tetap nyaman saat perjalanan mudik.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kenyamanan dalam berkendaraan saat musim mudik, adalah hal wajib yang dipersiapkan sebelum melakukan mudik. Tapi yang biasa terabaikan justru kenyamanan si kecil atau dedek bayi. Padahal jika si dedek yang rewel, maka ini bakal mengganggu konsetrasi berkendara atau seluruh isi kabin.

Kondisi ini membuat Mothercare Indonesia meluncurkan program kampanye aman berkendara bersama si buah hati. Kampanye ini diawali dengan berbagi ilmu tentang kebutuhan di bayi saat perjalanan jauh. Terlebih dalam musim mudik yang biasanya kondisi lalu lintas sangat tidak terprediksi.

"Menjelang musim libur lebaran, kami ingin mengedukasi orangtua akan pentingnya berkendara dengan aman dan nyaman bersama anak. Hal ini merupakan bentuk kepedulian kami akan keselamatan anak. Terlebih saat melihat fakta kecelakaan kendaraan di Indonesia yang cukup mengejutkan," jelas Vice President Mothercare & Earley Learning Centre Indonesia, Lina Paulina.

Ditambahkan Executive Trainer Mothercare, Dewi Nopiyanti saat ditemui Metrotvnews.com dalam acara buka puasa bersama di Jakarta, menegaskan bahwa kebutuhan bayi dan anak-anak justru harus yang diutamakan. Mengingat jika mereka yang sudah rewel, bakal mengganggu konsentrasi seisi kabin mobil.

"Makanya sangat penting untuk memperhatikan apa kebutuhan mereka. Di antaranya adalah pemilihan carseat (tempat duduk khusus bayi/anak). Selain menjamin kenyamanan dan keamanan bagi bayi/anak, juga memberikan mereka privasi tersendiri. Ini. Mereka merasa kebutuhan untuk duduk dengan nyaman di atas mobil, terakomodasi," klaim Dewi.

Penggunaan car seat, lanjut Dewi, juga sangat penting karena sabuk keselamatan berkendara di mobil, itu tidak didesain khusus untuk anak atau bayi. "Inilah peran penting car seat, minimal mereka punya perlindungan keselamatan setara dengan orang dewasa. Selama pemasangan car seat sesuai dengan prosedur keamanannya."

Ia juga menambahkan, bahwa selain car seat, beberapa rekomendasi produk buat bayi atau anak cukup beragam. Tidak bisa disamaratakan. Misalnya untuk bayi di bawah 6 bulan, kita bisa menyiapkan pushchair, infant carrier, changing bag, selimut, mainan, child view mirror, sun canopy, baby on board sign, travel cot bassinet hingga baby carrier.

Ini sangat penting, mengingat perjalanan jauh yang bisa memakan waktu cukup lama, membuat bayi juga terkadang merasa bosan. Sehingga orangtua harus lebih detail memperhatikan apa saja kebutuhan yang mereka inginkan.


(UDA)