Safety Driving

Jangan Panik Ketika Ban Pecah di Kecepatan Tinggi

Ekawan Raharja    •    Senin, 07 Aug 2017 12:40 WIB
Jangan Panik Ketika Ban Pecah di Kecepatan Tinggi
Pecah ban bisa menimpa siapa saja jika tidak memperhatikan kondisi ban mobil yang digunakan. Freeway Insurance Services

Metrotvnews.com, Jakarta: Mobil tentu kerap kali melaju dengan kecepatan tinggi di jalan bebas hambatan atau jalan tol. Tidak sedikit pula mobil yang tiba-tiba mengalami permasalahan di tengah perjalanan, seperti pecah ban.

Tentu ketika mengalami pecah ban, khususnya saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, memerlukan teknik tersediri untuk menaklukannya. Tapi satu hal yang pasti, pengemudi harus tetap tenang dan sebaik mungkin mengendalikan laju mobil dalam kondisi darurat.

"Jangan panik jika mengalami pecah ban saat melaju. Pengemudi harus tetap tenang sembari mengurangi laju mobil perlahan," tukas Product Knowledge Planning Division PT Toyota-Astra Motor (TAM), Gandhi Ahimsa Putra, beberapa waktu lalu.

Jika pengemudi panik membuat dia tidak mengemudikan mobil dengan baik. Risikonya pun semakin besar karena bisa saja pengemudi melakukan teknik yang salah untuk mengendalikan mobil.

"Kalau panik biasanya pasti akan menginjak pedal rem dalam-dalam. Padahal itu berbahaya dan bisa membuat mobil terbalik. Terlebih mobil-mobil sekarang sudah dilengkapi dengan brake assist atau juga electronic brake distribution, ECU bisa salah membaca dan berakibat fatal," tekannya.

"pengemudi harus selalu siap dengan berbagai kondisi. Sebisa mungkin jika mengalami pecah ban di kecepatan tinggi, lakukan counter steering untuk mengendalikan posisi mobil. Kemudian injak rem perlahan untuk mengurangi laju mobil sedikit demi sedikit," sarannya.

Setelah bisa mengontrol laju mobil, arahkan menuju bahu jalan atau tempat yang aman untuk berhenti. Kemudian pengemudi bisa melakukan pengecekan dan sekaligus mengganti ban yang rusak, atau menelepon layanan bantuan seperti mobil derek atau mekanik.

Memang kejadian pecah ban ketika sedang melaju bisa menimpa siapa saja. Namun setelah anda membaca artikel ini, sudah tahukan apa yang harus anda lakukan!
(UDA)