Tips Perawatan Mobil

Waspada Mobil Overheat, Pahami Penyebabnya

Ekawan Raharja    •    Minggu, 09 Dec 2018 16:34 WIB
tips knowledge
Waspada Mobil Overheat, Pahami Penyebabnya
Ada sejumlah penyebab utama mesin mengalami overheat. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Bisa jadi mobil yang anda kendarai terkena overheat di jalanan. Tentu saja ini akan menjadi masalah dan membuat perjalanan tidak nyaman.

Ketika mengalami overheat atau terlalu panas, tentu ada penyebabnya. Berikut beberapa sebab yang membuat mobil bisa overheat.

Penutup Radiator Rusak
Radiator cap (tutup) radiator yang sudah rusak tidak akan mampu lagi mengatur tekanan di dalam radiator sehingga terjadilah mesin overheat. Selain itu, cap radiator juga harus sesuai dengan spesifikasi kendaraan karena kalau tidak maka valve di cap radiator tidak akan terbuka saat tekanan radiator tinggi yang diakibatkan suhu mesin yang panas. Hal ini juga akan menyebabkan engine overheat karena sirkulasi coolant tidak akan bekerja maksimal.

Motor Fan Rusak atau Mati
Mendinginkan radiator, butuh sirkulasi udara yang baik dan ini dihasilkan oleh motor fan. Namun jika motor fan rusak atau mati, maka aliran udara yang mendinginkan coolant pada radiator akan terganggu.

Akibatnya suhu mesin akan tetap panas karena coolant tidak mampu mendinginkan suhu mesin. Hasilnya, temperatur di ruang bakar mesin selalu panas dan bisa menyebabkan mesin overheat.

Air radiator habis
Air radiator bisa habis karena penguapan yang diakibatkan suhu mesin yang panas atau bisa juga karena adanya kebocoran pada sistem sirkulasi radiator. Hal ini akan menyebabkan sistem sirkulasi di radiator tidak bekerja maksimal. Kalau air radiator menjadi sedikit, bahkan sampai habis, maka suhu di mesin tidak akan bisa didinginkan dan terjadilah mesin overheat.

Radiator bocor
Radiator bocor umumnya disebabkan oleh korosi pada kisi-kisi radiator. Ini bisa terjadi karena radiator diisi selain air radiator (coolant). Kandungan oksigen dalam air bertemu dengan logam akan memicu terjadinya reaksi kimia yang mengakibatkan korosi. Karena korosi tersebut, radiator bisa terkikis dan terjadilah kebocoran.

Saat bocor, coolant akan terbuang sehingga menjadi tidak cukup untuk mendinginkan suhu mesin dan jika dibiarkan maka akan terjadi overheat.


(UDA)