Tips Musim Hujan

Pastikan Kaca Bersih dan Wiper Berfungsi saat Musim Hujan

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 14 Nov 2018 12:40 WIB
tips knowledge
Pastikan Kaca Bersih dan Wiper Berfungsi saat Musim Hujan
Hujan mulai intens, kaca mobil wajib bersih agar pandangan saat berkendara tetap awas. Dok MTVN

Jakarta: Kaca depan mobil yang bersih tentu akan membuat pandangan saat berkendara menjadi sangat jelas. Dengan demikian, pengemudi bisa lebih fokus dan keselamatan saat berkendara lebih terjamin.

Soal visibilitas ini bukan hal sepele, studi dari Freedom of Information Act tahun 2015 menemukan adanya kaitan penyebab kecelakaan. Bila pandangan terganggu, pengemudi tak punya cukup waktu bereaksi terhadap kondisi berbahaya yang muncul.

Namun dimusim hujan seperti ini, kotoran dan air bisa membuat kaca jadi lebih mudah kotor. Selain itu, jika tak langsung dikeringkan, akan timbul bercak air yang mengering atau pun jamur pada permukaan kaca.

Salah satu trik untuk menjaga visibilitas dimusim hujan seperti saat ini adalah menggunakan water repellent, yang membuat air mudah jatuh saat mengenai kaca. Lalu untuk mengusir jamur kaca, cara hematnya bisa menggunakan pasta gigi.

"Tapi ingat, cara ini digunakan hanya untuk jamur kaca yang masih terbilang tipis. Untuk jamur yang sudah tebal tidak bisa dan harus menggunakan obat jamur atau bawa ke salon mobil," ujar Marcello, dari Details Auto di kawasan Jakarta Pusat.

Tidak hanya itu, kondisi karet wiper juga patut diperhatikan. Jika sudah getas dan kemampuan menyapu air berkurang lebih abik diganti, karena akan ada efek lain yakni membuat kaca baret.


(UDA)