Tips

Ciri Kampas Kopling Sepeda Motor Habis

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 31 Jul 2017 19:00 WIB
Ciri Kampas Kopling Sepeda Motor Habis
Kopling slip bisa diakibatkan karena kampas kopling yang sudah aus. Team Arizona

Metrotvnews.com, Jakarta: Komponen yang berada di dalam mesin tentu tidak bisa diperiksa setiap saat. Namun beberapa keadaan kurang enak di sepeda motor bisa menjadi pertanda bahwa ada bagiannya yang bermasalah.

Salah satu kondisi yang sering terjadi adalah slip kopling saat si kuda besi kesayangan sedang di pacu. Jika sepeda motor mengalami ini, maka bisa jadi kampas kopling perlu di periksa.

Menurut External Training Development PT Daya Adicipta Motora, Ahmad Rustadi, jika menggunakan motor manual dan merasakan ada jeda ketika memindahkan ke gigi berikutnya, itulah salah satu tanda bahwa gir motor anda mengeras atau terjadi selip kopling.

Kondisi itu biasanya terjadi karena kampas kopling motor Anda habis. "Slip kopling bisa terjadi karena banyak hal. Namun biasanya yang penyebab utamanya adalah kampas kopling yang sudah aus," papar Ahmad kepada Metrotvnews.com, beberapa waktu lalu.

Dia menyebutkan bahwa kampas kopling yang habis menyebabkan gerigi penggerak pada transmisi kendaraan tidak bisa bekerja dengan baik. Efeknya perpindahan gigi menjadi meleset, dan gir tidak berubah.

Pria yang akrab disapa Aru melanjutkan bahwa kampas kopling yang habis, tak memberikan dampak kerusakan. Hanya saja tenaga motor kesayangan bakal berkurang karena kinerja gir tidak sempurna.
(UDA)