Tips Knowledge

Plus Minus Aktivasi Sirkulasi AC di Kabin Mobil

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 25 Sep 2017 10:23 WIB
tips knowledge
Plus Minus Aktivasi Sirkulasi AC di Kabin Mobil
Pahami fungsi tombol sirkulasi AC mobil. Teambhp

Metrotvnews.com, Jakarta: Tombol ikon sirkulasi udara yang berputar dalam kabin, yang selalu diaktifkan ketika air conditioning (AC) menyala, memang terlihat sederhana. Namun, tahukan Anda fungsi ikon tersebut sesunggguhnya?

Bagi Anda yang belum paham tentang tanda atau ikon sirkulasi AC mungkin bertanya, sebaiknya tombol ikon tersebut diaktifkan atau di non-aktifkan?

Menurut Alimin yang buka praktek bengkel spesialis AC di bilangan Bekasi Barat, pengaturan AC yang baik akan menghasilkan dingin yang maksimal. 

Dengan mengaktifkan ikon sirkulasi udara yang berputar dalam kabin, maka akan membuat udara menjadi lebih cepat dingin dan lebih bersih. Namun efeknya, jika kelamaan, maka akan membuat kadar oksigen dalam kabin berkurang dan efek kantuk bisa cepat menyerang. Disarankan untuk membuat kaca jendela setiap dua jam agar sirkulasi oksigen dalam kabin tetap terjaga.

Dia juga menyarankan agar menggunakan pengaturan kecepatan kipas/blower AC di posisi yang tidak terlalu kencang, karena hembusan angin yang kecil atau sedang membuat kabin lebih sejuk ketimbang hembusan yang lebih kencang atau berlebihan.

Jika tombol/ikon sirkulasi ac mobil di non-aktifkan, berarti udara dari luar bisa masuk ke dalam kabin dan udara dingin dalam kabin dipastikan akan berkurang. Selain itu, sirkulasi udara luar kemungkinan akan membawa debu ikut masuk ke dalam kabin. 

Adanya tombol ini memang didesain untuk bisa diaktifkan dan di-nonaktifkan, tentunya bisa disesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan Anda saat berkendara.


(UDA)