Tips Merawat Mobil

Pasca Mudik, Mobil Wajib Tune Up Agar Tetap Prima

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 30 Jun 2017 08:08 WIB
tips mobil
Pasca Mudik, Mobil Wajib Tune Up Agar Tetap Prima
Lakukan servis pasca mudik agar mobil siap dipakai harian. NMI

Metrotvnews.com, Jakarta: Musim mudik lebaran telah usai, bagi Anda yang menggunakan mobil pribadi untuk pulang kampung ada baiknya melakukan pengecekan atau servis kendaraan. Ini penting untuk memeriksa kondisi pasca mudik, terlebih saat di perjalanan Anda mengalami kemacetan panjang.

Jangan sampai saat digunakan untuk harian, mesin mobil malah mengalami panas sehingga mogok. Atau ada komponen lain yang sudah aus dan habis masa pakainya sehingga harus diganti.

Lalu apa saja yang harus dilakukan agar mesin mobil siap dipakai harian pasca dibawa mudik atau setelah menempuh perjalanan jauh?.

Lakukan tune up. Langkah ini merupakan standar yang umum dan mencakup beberapa pengecekan. Di antaranya penyetelan klep, pengecekan pengapian, cek filter udara, filter bensin, throttle body, pemeriksaan busi dan oli.

"Untuk standar mobil dalam kondisi normal, servis tune up sudah cukup. Mungkin tambahan perbaikan pada penggantian spare part yang sudah tidak layak atau kerusakan akibat usia pakai," kata Mislam mekanik yang praktek di bengkel Speed Shop di bilangan Bekasi Timur, Jawa Barat.

Meurut Mislam, dengan melakukan tune up, tidak hanya mengembalikan kondisi mesin kembali prima, namun Anda lebih mengetahui kondisi mobil dan kelayakan, serta kesiapan kendaraan untuk digunakan harian atau operasional ke kantor.


(UDA)