Tips Knowledge

Rutin Ganti Filter AC, Bikin Udara Kabin Selalu Segar

Ahmad Garuda    •    Rabu, 29 Mar 2017 11:39 WIB
tips knowledge
Rutin Ganti Filter AC, Bikin Udara Kabin Selalu Segar
Ganti filter udara AC mobil, wajib dilakukan jika tak mau jadi penyakitan. Denso

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak banyak orang yang menyadari pentingnya mengganti filter AC secara rutin. Padahal aktivitas dalam menggunakan mobil sudah jadi rutinitas sehari-hari. Mengingat itu bakal jadi sumber sirkulasi udara di dalam kabin.

Mengganti filter AC kabin merupakan salah satu cara mudah dan sederhana untuk merawat AC Mobil agar tetap dingin dan sejuk. Terlebih di tempat yang beriklim tropis, filter AC harus sering diganti karena kondisi lingkungan yang berdebu, rentan menempel pada filter AC kabin tersebut.

Penggantian filter AC kabin juga diperlukan bagi pengendara dengan kebiasaan merokok dan menyantap makanan di dalam mobil yang dapat meninggalkan bau tak sedap.

Filter yang kondisinya sudah kotor seperti ini takkan maksimal lagi membersihkan udara dalam kabin

Menjaga kabin mobil tetap nyaman dapat dilakukan dengan menjalankan konsep total healty cycle. Yaitu dengan melakukan penggantian filter AC kabin, menggunakan cleverin (membunuh virus dan bakteri hingga ke lorong-lorong kecil kabin mobil). Dan terakhir menggunakan air purifier khusus mobil (menjaga udara agar tetap sehat dengan ion positif dan ion negatif).

“Jangan sembarangan memilih filter AC. Pilih yang sudah didesain khusus untuk menangkap partikel debu halus. Di pasaran, ada filter yang berwarna putih (kategori biasa) dan filter AC kabin premium berwarna hijau. Filter ini memiliki serat karbon dengan kemampuan penyaringan lebih baik, serta dilengkapi dengan anti bakteri, virus dan jamur,” klaim Section Manager, PT Denso Sales Indonesia, Vinsensius Ariel.

Perhatikan kode bagian atas dan bawah, agar tak salah pasang

Vinsensius menambahkan bahwa lebih baik filter AC kabin diganti setiap 6 bulan sekali atau setiap 10.000 km. Ini juga berguna untuk menghindari penumpang di dalamnya gampang terkena penyakit pernapasan.

Itu sebabnya, sebagai pengemudi, wajib mengetahui kapan waktu tepat untuk mengganti filter AC kabin. Dengan rutin menggantinya, satu tahapan awal dari total healthy cycle sudah terpenuhi.


(UDA)