Perawatan AC Mobil

Evaporator Kotor, Bikin AC Mobil Bau

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 22 Nov 2018 08:22 WIB
perawatan kendaraantips knowledge
Evaporator Kotor, Bikin AC Mobil Bau
Bau tak sedap di kabin mobil bisa jadi disebabkan evaporator tidak bekerja maksimal. Autoscope

Jakarta: Kenyamanan perjalanan mudik bisa terganggu gara-gara kabin mobil berbau tak sedap. Ada banyak faktor penyebabnya selain sisa makanan dan endapan kotoran, salah satunya adalah kinerja evaporator yang tidak lagi maksimal.

Menurut laman resmi bengkel AC Rotary Bintaro, AC yang menghasilkan bau tak sedap bisa jadi karena evaporator dalam kondisi kotor. Bisa jadi evaporator berlendir, tumbuh jamur, dan bakteri yang membuat bau tak sedap di dalam kabin.

Kemudian kebocoran evaporator pun bisa saja terjadi. Kondisi ini menyebabkan freon AC masuk dan membuat bau tak sedap juga.

Agar kondisi ini tak terjadi, disarankan untuk membersihkan evaporator setahun sekali atau per 20 ribu kilometer. Kemudian, tidak disarankan juga untuk merokok di dalam mobil atau menggunakan parfum berkualitas rendah karena aromanya bisa menempel di evaporator.

Evaporator merupakan komponen yang berfungsi memastikan sirkulasi udara di dalam kabin mobil saat AC dihidupkan. Melalui komponen ini pula, udara yang ada di luar kabin, diolah menjadi udara yang dingin dan disalurkan ke dalam kabin mobil.

Nah tidak ada salahnya memeriksakan kondisi evaporator dan AC keseluruhan. Terlebih jika mobil yang Anda gunakan jadi mobil harian yang menemani aktivit keseharian.


(UDA)