Tips Merawat Aki

Tips Menjaga Kondisi Aki Mobil Tetap Prima

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 15 Jun 2017 09:40 WIB
tips mobil
Tips Menjaga Kondisi Aki Mobil Tetap Prima
Mobil yang jarang digunakan bisa bikin aki cepat soak. Autoservice

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada trik dan tips untuk menjaga kondisi aki mobil agar selalu prima. Tujuannya tentu agar mobil tidak menyusahkan atau mogok saat digunakan saat menemani Anda berkatifitas, terlebih bakal dipakai mudik lebaran nanti.

Manager Bosch Dedy Ismanto menjelaskan, mobil yang tidak digunakan lebih dari seminggu dan tidak dinyalakan mesinnya, bisa mengakibatkan aki cepat soak/rusak dan umurnya jadi lebih pendek karena kehilangan 'muatan' sendiri.

Untuk mengantispasi hal tersebut, disarankan menyalakan mesin minimal tiga hari sekali atau paling lama seminggu (batas maksimal). Ketika dinyalakan jaga putaran mesin di RPM 2.000 selama kurang lebih setengah jam, tujuannya agar muatan listrik di dalam aki dapat terisi kembali.

"Jika tidak ada kebocoran yang berkaitan dengan kelistrikan, tinggal lakukan perawatan rutin, seperti cek air aki. Jika kurang tambahkan sesuai ukuran, kemudian cek terminal aki jangan sampai kendur. Jika timbul korosi di kepala aki cukup bersihkan dengan air panas, dan gosok pakai sikat gigi biar kotorannya hilang," jelasnya.

Selain itu, pastikan juga terminal aki tidak kendur dan terpasang dengan baik dan benar agar pengisian menjadi lebih optimal.

Perlu diingat, penggunaan perangkat mobil yang berkaitan dengan suplai listrik dengan daya tinggi atau berlebihan, seperti memasang sound system dengan ekstrem akan berpengaruh terhadap kekuatan dan daya tahan aki atau bisa bikin tekor. Gunakan suplai listrik sesuai kapasitas dan kebutuhan, agar lebih awet dan tahan lama.


(UDA)