Tips Mudik Aman

Car Seat Buat Bayi, Pilih Sesuai Bobot dan Usia

Ahmad Garuda    •    Rabu, 07 Jun 2017 07:18 WIB
tips mudik
<i>Car Seat</i> Buat Bayi, Pilih Sesuai Bobot dan Usia
Memilih car seat buat bayi, harap sesuaikan dengan berat badan dan usia. MC

Metrotvnews.com, Jakarta: Memilih car seat atau tempat duduk khusus untuk bayi, memang terlihat mudah dan sederhana. Namun pada dasarnya ada beberapa hal yang harus diketahui, termasuk dari sisi usia dan berat badan. Apalagi untuk kebutuhan perjalanan jauh, wajib membuat bayi atau anak-anak merasa sangat nyaman.

Menurut Executive Trainer Mothercare, Dewi Nopiyanti yang ditemui tim Metrotvnews.com di sela-sela acara buka puasa bersama pada Senin (5/6/2017), memilih car seat itu banyak hal yang mempengaruhi. Bagian paling penting adalah bobot badan bayi, dan usianya.

"Pemilihan car seat yang tepat untuk anak dapat ditentukan berdasarkan berat badan anak. Kami di Mothercare menyediakan beragam car seat yang disesuaikan dengan berat badan. Mulai dari 0-10 kilogram (anak umur 0 hingga 10 bulan), 0-13 kg (anak umur 0 hingga 15 bulan), 0-18 kg (anak umur 0 bulan hingga 4 tahun), 9-18 kg (anak umur 9 bulan hingga 4 tahun), 9-36 kg (anak umur 9 bulan hingga 12 tahun), 15-36 kg (anak umur 4 tahun hingga 12 tahun), serta 15-36 kg (anak umur 4 tahun hingga 12 tahun)," ujar Dewi.

Ia menegaskan bahwa pembedaan spesifikasi antara usia penggunaan juga akan terlihat. Lantaran kebutuhan bayi bakal disesuaikan dengan usia dan bentuk kenyamanan yang mereka butuhkan sesuai bobot badannya.

Meski diperuntukkan menjaga kenyamanan bayi selama perjalanan, namun bayi atau pun usia anak-anak, sangat tidak direkomendasikan untuk duduk lebih dari 2 jam secara terus-menerus. Ada baiknya mengangkat tubuh sang bayi dan digendong untuk beberapa saat, sebelum dikembalikan ke posisi car seat itu lagi.

"Karena ini akan mempengaruhi proses tumbuh kembang tulangnya. Paling tidak mereka diberikan kesempatan untuk beristirahat misalnya dengan cara digendong atau sekadar menikmati udara di luar beberapa menit kemudian lanjut lagi."

Dewi juga menegaskan bahwa memilih car seat buat bayi, seharusnya pilih yang bahannya benar-benar nyaman buat bayi. Lantaran kalau panas, bayi atau anak-anak juga tidak akan betah di sana.


(UDA)