Tips Mobil

Deteksi Dini Kampas Rem Mobil Habis

Ekawan Raharja    •    Selasa, 19 Sep 2017 13:19 WIB
tips mobil
Deteksi Dini Kampas Rem Mobil Habis
Ketebalan kampas rem harus terus dijaga agar performanya selalu maksimal ketika digunakan. Youtube/DIY Car Maintenance and Repair Guide

Metrotvnews.com: Rem merupakan salah satu komponen vital yang harus dijaga kondisinya. Jangan sampai performa rem tidak sempurna karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Sebagai pemilik dan pengendara mobil, wajib hukumnya untuk dapat memeriksa komponen satu ini. Minimal pemilik mobil bisa mendeteksi kapan waktunya untuk mengganti kampas rem.

Situs resmi Daihatsu menjelaskan cara mudah mengetahui kampas rem sudah habis atau tidak, bisa dengan cara didengarkan. Apabila muncul suara berdecit ketika rem bekerja, maka ada indikasi kampas rem sudah mulai habis.

Di sebutkan ada dua masalah yang biasanya menyebabkan rem berdecit. Pertama ada kotoran di antara kampas dan cakram, dan kedua kampas langsung bergesekan dengan cakram.

Jika mendengarkan suara decitan, pemilik mobil atau supir bisa langsung memeriksanya dengan cara membuka ban. Kemudian ketebalan kampas rem bisa dilihat dari celah di tengah kaliper.

Namun bila sulit untuk membuka ban dan memeriksa di bawah kolong body, ada cara lainnya. Cukup dengan cara membuka kap mesin dan memeriksa ketinggian volume minyak rem di wadahnya.

Ada indikasi kampas rem sudah menipis atau habis jika kondisi minyak berada di bawah ambang batas tengah wadah. Tetapi sebelum memvonisnya, pastikan tidak ada kebocoran minyak rem di semua peranti komponen pengereman.

Nah sudah tahu kan caranya? Yuk diperiksa kampas rem mobilnya masing-masing.


(UDA)