Tips Mudik Aman

Jangan Remehkan Kapasitas Bagasi Sedan

Ahmad Garuda    •    Sabtu, 24 Jun 2017 08:34 WIB
tips mudik
Jangan Remehkan Kapasitas Bagasi Sedan
Kapasitas bagasi mobil sedan lebih dari cukup untuk bepergian jauh dan nyaman. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbicara tentang kapasitas muat barang, mayoritas dari kita selalu mengatakan bahwa mobil berjenis MPV selalu punya kapasitas muat yang lebih besar. Faktanya memang seperti itu, lantaran jumlah penumpang dan kapasitas muat barangnya juga besar, dari pada jenis mobil seperti sedan.

Tapi berbicara soal kenyamanan dan alokasi kemudahan penumpang, mobil tipe sedan bakal jadi tipe terbaik. Apalagi jika kita mengasumsikan konfigurasi jumlah barang bawaan penumpang dengan kapasitas muat penumpang secara penuh.

Pengertian gampangnya seperti ini, jika MPV bisa memuat 7-8 orang penumpang dengan estimasi barang bawaan satu koper ukuran sedang (20 inci) untuk satu orang, maka posisi penumpang biasanya takkan nyaman untuk duduk. Karena akan terganggu dengan tumpukan koper, meski sudah diatur sedemikian rupa. Lantaran akan ada sekitar 7-8 koper juga yang akan dibawa.

Menyusun dengan tepat barang bawaan, membuat bagasi sedan sudah lebih dari cukup untuk mudik.

Kali ini kami mensimulasikan membawa barang dengan konfigurasi unik menggunakan Suzuki Ciaz 2015. Yaitu sedan berukuran medium milik Suzuki, namun punya spasi bagasi terbesar di kelasnya yaitu 495 liter.

Dengan kapasitas bagasi besar tersebut, kami mensimulasikan dua koper berukuran 22 inci, kemudian ditambah sebuah koper ukuran 28 inci, satu boks kardus dengan dimensi 2 kali koper 22 inci, kemudian ditambah kereta bayi berukuran kecil. Belum lagi ada tambahan mini kompresor dalam bagasi yang kami siapkan.

Simulasi barang yang diangkut adalah 2 koper ukuran 22 inci, 1 koper ukuran 28 inci, 1 kereta bayi, 1 kompresor mini untuk ban dan 1 kardus ukuran 2 kali dimensi koper 22 inci.

Dengan asumsi 5 orang penumpang dan jumlah bawaan yang begitu banyak, rasanya mobil ini masih sangat nyaman. Lantaran ruang kabin dan barang bawaan benar-benar terpisah. Penumpang pun merasa cukup nyaman, karena ruang kabin juga cukup lega.

Hal yang perlu untuk dipikirkan adalah, jika bobot barang bawaan mencapai 50 kg. Maka ini bisa cukup mengganggu stabilitas mobil saat melakukan perjalanan jauh. Mengingat titik geometri mobil akan berpindah ke belakang.

"Nah, itulah sebabnya kalau mau mudik, sebaiknya lebih bijak membawa barang. Mengingat kapasitas tampung bagasi juga punya batas maksimalnya. Ia kalau cuma dari sisi dimensi saja besar, tapi kalau sudah ditambah bobot yang berat, maka akan membuat berkendara itu jadi tidak nyaman," klaim pencetus Rifat Drive Labs, Rifat Sungkar beberapa waktu lalu.

Ruang kabin yang super lapang, menjadi jaminan tersendiri bagi penumpang untuk beraktifitas di dalamnya

Tapi dengan asumsi kapasitas muat bagasi yang dimiliki sedan, apakah Anda masih akan mengatakan jika membawa barang yang banyak saat traveling jauh menggunakan sedan tak nyaman? Asumsi ini mungkin bisa dikembalikan ke para pengguna MPV atau SUV dengan asumsi penumpang yang disesuaikan dengan kapasitas muat segmen itu.

Namun jika kita menyamaratakan jumlah angkut penumpang dan barang, maka sedan jelas akan kalah. Lantaran SUV atau medium MPV jika hanya diisi 5 orang, maka kapasitas ruang bagasi bisa ditambah dengan melipat jok bagian belakang. Dan ini sudah lebih dari cukup untuk memberikan kenyamanan untuk semua penumpang yang ada di dalamnya.


(UDA)