Tips Knowledge

Asal Pasang Sayap di Mobil Harian, Performa Bisa Turun

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 24 Jan 2018 08:57 WIB
tips knowledge
Asal Pasang Sayap di Mobil Harian, Performa Bisa Turun
Pemasangan sayap belakang mobil wajib disesuaikan peruntukannya. Evasivemotorsports

Jakarta: Tak sedikit pemilik yang memodifikasi mobilnya agar tampil beda dari yang lain. Namun sebelum melakukan modifikasi, ada baiknya kita mengetahui fungsi komponen yang akan kita pasang. Agar jangan sampai ingin terlihat lebih keren, malah membuat performa mobil menurun.

Salah satu contohnya adalah pemasangan sistem aerodinamika wing atau sayap mobil. Pemasangan sayap belakang yang tidak bekerja optimal menjalankan sistem aerodinamika bisa berakibat menurunnya performa mobil. 

Pemakaian sayap belakang untuk penggunaan harian dan hanya untuk kebutuhan fashion saja dirasa kurang pas, karena terkesan memaksakan. Umumnya perangkat ini dipakai mobil balap untuk meningkatkan traksi ban. 

Pemasangan sayap belakang memang diyakini dapat memberikan kontrol lebih baik, sebab aliran angin yang menerpa dapat dibelokkan dengan penekanan di bagian buritan (downforce), terutama saat mobil bermanuver di tikungan tajam. 

"Spoiler atau wing banyak dipasang pada mobil beraliran balap dan bisa diaplikasikan di semua mobil. Pemasangan perangkat ini memang bisa mempercantik penampilan mobil standar jadi lebih keren, tapi pemasangannya jangan dipaksakan, malah bikin norak," terang Kepala Bengkel Autopit di daerah Kalimalang, Jakarta Timur, Mus Mulyadi, saat berbincang dengan medcom.id di Jakarta, Rabu (24/12018).

Untuk diketahui, wing berbeda dengan spoiler. Pemakaian wing di mobil balap bukan hanya sekadar aksesoris semata agar terlihat manis, tapi untuk memberikan kestabilan mobil lebih baik. 


(UDA)