TIps Knowledge

Telat Ganti Filter Udara Mobil, Performa Mesin Bisa Turun

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 02 Nov 2017 20:38 WIB
tips knowledge
Telat Ganti Filter Udara Mobil, Performa Mesin Bisa Turun
Bersihkan filter udara secara berkala menjaga performa mesin tetap prima. YourMechanic

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak jarang pemilik mobil mengabaikan perawatan berkala filter atau saringan udara yang ada di mobil. Memang terlihat sepele, namun peran komponen yang satu ini sangat penting, karena berfungsi untuk menyaring debu atau kotoran dari luar masuk ke ruang pembakaran. 

"Ada beberapa efek buruk bagi mesin kalau filter udara kotor. Komponen ini bisa rusak jika jarang diganti dan menjadi tidak layak akibat usia pakai," tegas Mislam, mekanik yang praktik di bengkel Speed Shop di Bekasi Timur, Jawa Barat.

Filter udara yang kotor dapat mengurangi performa mesin. Udara yang masuk ke ruang bakar tidak lancar lantaran tersumbat oleh kotoran. Selain itu, mesin mobil juga jadi cepat panas dan boros bahan bakar.

"Apabila tidak terlalu kotor, cukup membersihkan dengan cara menyemprotkanan filter udara menggunakan kompresor angin sampai bersih," kata Mislam.

"Namun jika kondisi filter udara terlalu kotor, masukkan ke dalam air yang sudah dicampur dengan shampo. Lalu rendam selama kurang lebih dua menit. Setelah itu, keringkan dengan cara dianginkan. Jangan dijemur di bawah terik matahari. Cara ini tidak disarankan untuk filter udara yang terbuat dari bahan karton."

Oleh karena itu, patut menjaga kebersihan serta usia pakai komponen ini agar tidak menimbulkan efek buruk ke mesin. Disarankan untuk membersihkan filter udara setiap 10 ribu kilometer. Sedangkan usia pakai penggantian komponen maksimal 40 ribu kilometer. 


(UDA)