Merawat Kaca Mobil

Wiper Getas Bikin Kaca Mobil Baret

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 10 Dec 2018 08:04 WIB
tips mobilperawatan kendaraantips knowledge
Wiper Getas Bikin Kaca Mobil Baret
Gant wiper jika sudah rusak. Acecars

Jakarta: Ketika musim hujan kita akan lebih sering menggunakan wiper mobil, tujuannnya untuk membersihkan kaca yang kotor atau buram akibat air hujan. Untuk itu kita perlu memperhatikan komponen yang satu ini, wiper yang memiliki fungsi sebagai penyapu air atau pembersih kaca terutama pada saat cuaca hujan.

Menurut Rangga pemilik salah satu bengkel di Kota Serang, Banten, wiper punya umur pakai enam bulan, dan harus diganti secara berkala agar tidak bikin baret kaca akibat karet yang sudah mengeras.

Lain halnya yang dikatakan Yudi pemilik bengkel dan aksesoris mobil di bilangan Bekasi Barat, Jawa Barat, kebanyakan konsumen yang beli wiper biasanya menggantinya setahun sekali.  

Yudi membeberkan harga wiper yang dijual di pasaran, mulai Rp45 ribu-Rp95 ribu. Untuk yang merek bagus seperti Denso ukuran standar dijualnya seharga Rp75 ribu, sedangkan untuk ukuran yang agak panjang seperti Innova dan Avanza dijualnya Rp85 ribu-Rp95 ribu.

“Kalau wiper yang universal (bisa untuk semua mobil) itu buatan Taiwan. Saran saya untuk lebih tahan lama dan bagus pakai merek berbahan rubber atau silicone, karena sudah seperti kualitas ori,” tutup Yudi.

Disarankan dan tidak ada salahnya Anda lebih sering mengecek kondisi wiper, karena penggunaan dan perawatan wiper yang benar bisa memperpanjang usia komponen tesebut. Siapa tahu Anda bisa mengganti maksimal setahun sekali, tentunya dengan didukung merek dan kualitas yang bagus, agar kaca mobil ikutan lebih awet.


(UDA)