Tips Perawatan Mobil

Sensor Rusak, Penyebab Kunci Kontak Mobil Matic Susah Dicabut

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 02 Jan 2019 13:03 WIB
tips knowledge
Sensor Rusak, Penyebab Kunci Kontak Mobil Matic Susah Dicabut
Contoj sensor kunci Honda Jazz 2005. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Jakarta: Sistem operasional mobil transmisi otomatis memiliki perbedaan dengan transmisi manual. Meski tampak mudah, tetapi perlu pemahaman tentang pengoperasian mobil otomatis.

Dalam operasional penggunaan transmisi otomatis, apabila ingin mencabut kunci kontak posisi tuas perseneling harus berada di posisi P (parking) dan mesin dalam keadaan mati.

Berdasarkan pengalaman yang pernah ditangani oleh bengkel Fahmi Jaya Motor di bilangan Bekasi Timur, Jawa Barat, mobil Honda Jazz otomatis keluaran 2005 milik pelanggannya pernah mengalami kerusakan. Kunci kontak tidak bisa dicabut meskipun posisi tuas transmisi ada di posisi P.

“Beberapa waktu lalu saya memperbaiki Jazz transmisi otomatis 2005, keluhannya kunci kontak tidak bisa dicabut, setelah saya periksa kerusakan ada di sensor kunci kontaknya rusak yang letaknya ada bawah tuas perseneling,” kata Fahmi sang pemilik bengkel.



Fahmi menegaskan bahwa kerusakan sering terjadi akibat pemakaian yang kasar, pada saat memasukan di posisi P tidak pas. Bisa juga karena kurang pas menekan tombol yang ada di tuas sehingga bikin rusak sensor kunci kontak. Ini juga berlaku untuk semua jenis mobil atau merek lain.

Berdasarkan keterangan Fahmi untuk memperbaiki kerusakan ini tidak membutuhkan waktu lama, namun harga komponen sensor kunci kontak tersebut lumayan mahal.

“Untuk Honda Jazz  2005 transmisi otomatis saya cek ke toko spareparts harganya lumayan mahal sekitar Rp3,5 juta sampai Rp4 juta karena tidak bisa beli terpisah harus satu set, saran saya kalau pakai mobil transmisi otomatis harus lebih dipahami cara penggunaan yang baik dan benar, kalau kasar bisa merusak dan memperpendek usia pakai komponen," tutupnya.


(UDA)