Tematis Busi

Ganti Koil atau Kabel Pengapian, Memperpendek Usia Busi?

Ahmad Garuda    •    Senin, 03 Dec 2018 18:45 WIB
tips motorkomponen otomotiftips knowledge
Ganti Koil atau Kabel Pengapian, Memperpendek Usia Busi?
Ganti koil dan kabel pengapian bisa membuat busi berumur pendek? Dok. medcom.id

Jakarta: Banyak orang yang melakukan penggantian koil khusus untuk racing dengan alasan untuk membuat percikan api lebih fokus dan lebih besar. Asumsinya adalah mempercepat atau membuat pembakaran di ruang mesin lebih optimal, meski di motor standar atau bukan khusus untuk balap.

Namun ternyata ini adalah sebuah salah kaprah yang besar. Mengingat hal itu justru akan memperpendek usia busi. Sama halnya ketika mengganti kabel pengapian yang biasa disebut dengan kabel setan atau accent wire. Kabel ini terhubung dengan koil lalu terhubung dengan ekor busi.

"Mengganti komponen yang berhubungan langsung dengan sistem pengapian di motor seperti koil dan kabel, sebenarnya itu jadi kesalahan yang terus-menerus dikunyah masyarakat kita. Koil misalnya, kita pakai versi racing dengan asumsi api lebih besar, jangkauannya panjang dan bikin daya bakar di ruang mesin lebih cepat. Tapi sadar atau tidak, ini akan membuat temperatur mesin bisa lebih tinggi dari ideal temperatur yang bisa diemban busi reguler," jelas Technical Supporting PT NGK Busi Indonesia, Diko Octoviano saat berbicara dengan medcom.id beberapa waktu lalu.

Diko melanjutkan bahwa temperatur di atas kapasitas yang ideal untuk busi reguler, justru akan membuat semua komponen busi bekerja lebih keras. Bekerja di suhu yang lebih tinggi dan akhirnya usia komponen yang ada di busi seperti elektroda dan ground-nya lebih cepat terkikis. Kalau sudah begini, Anda pastinya harus mengganti busi lebih sering ketimbang menggunakan koil atau kabel biasa.

Kalau koil fungsinya untuk membuat percikan api lebih besar, kabel setan atau accent wire pun punya fungsi yang kurang lebih sama. Menurut Diko, ini justru akan membuat sistem pengapian dan kelistrikan secara menyeluruh, bisa pincang.

"Kalau kabel itu kan punya fungsi untuk menambah tegangan yang masuk ke busi. Sehingga api yang dihasilkan pun jadi lebih besar. Mungkin bisa dirasakan performanya, tapi secara periodik untuk usia pakai busi akan lebih pendek."

Diko menyarankan jika ingin melakukan penggantian komponen yang berhubungan dengan pengapian dan kelistrikan, sebaiknya menggunakan yang sesuai dengan yang dibutuhkan mesin dan sistem pembakarannya. Karena jika tidak (lebih kecil atau lebih besar), maka itu akan membuat sistemnya jadi pincang.


(UDA)