Tematis Aki

Tips Merawat Aki Mobil agar Berumur Panjang

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 04 Oct 2016 09:22 WIB
tips mobil
Tips Merawat Aki Mobil agar Berumur Panjang
Lakukan perawatan berkala aki mobil biar berumur panjang. Yourmechanic

Metrotvnews.com, Jakarta: Aki merupakan salah satu komponen vital yang berfungsi sebagai sebagai pemasok arus listrik di mobil. Namun, tidak sedikit pemilik yang menganggap piranti ini kurang begitu penting, bahkan diabaikan. Padahal aki juga perlu diperhatikan dan mendapat perawatan rutin, biar berumur panjang.

Selain sistem kelistrikan di mobil terganggu, gejala aki yang sudah tidak optimal atau bermasalah adalah sinar lampu depan yang menjadi tidak terang. Yang terburuk, mobil tidak bisa dinyalakan karena mesin tidak kuat di-starter.

Menurut Toha, mekanik yang praktek di bengkel Pit Stop di bilangan Jakarta Timur, untuk mencegah hal tersebut dan menjaga aki berumur panjang ada beberapa cara. Pastikan terlebih dulu bahwa semua kelistrikan yang disuplai aki, seperti lampu, power window, alarm, klakson dan yang lainya, tidak bermasalah.

"Jika tidak ada kebocoran yang berkaitan dengan kelistrikan, tinggal lakukan perawatan rutin, seperti cek air aki. Jika kurang tambahkan sesuai ukuran, kemudian cek terminal aki jangan sampai kendur. Jika timbul korosi di kepala aki cukup bersihkan dengan air panas, dan gosok pakai sikat gigi biar kotorannya hilang," jelasnya.

Perlu diingat, penggunaan perangkat mobil yang berkaitan dengan suplai listrik dengan daya tinggi atau berlebihan, seperti memasang sound system dengan ekstrem akan berpengaruh terhadap kekuatan dan daya tahan aki atau bisa bikin tekor. Gunakan suplai listrik sesuai kapasitas dan kebutuhan, agar lebih awet dan tahan lama.

Baca juga berita sebelumnya:
Waspada Beli Aki, Ada Masa Expired-nya
Cek Aki Secara Berkala, Perpanjang Usia Pakai
Cegah Terminal Aki Korosi agar Mobil Tidak Mogok
Kenali Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering
Kenali Jenis Aki Mobil, Sebelum 'Meminangnya'


(UDA)