Tips Knowledge

Ini Penyebab Ban Mobil Benjol Samping

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 30 Oct 2017 11:46 WIB
tips knowledge
Ini Penyebab Ban Mobil Benjol Samping
Ban kempes yang dipaksa jalan bisa sebabkan benjol samping. Pakwheels

Metrotvnews.com, Jakarta: Benjol atau yang kerap diistilahkan dengan ban melendung, bisa terjadi di bagian side wall atau dinding ban mobil. Penyebabnya bisa beragam, bisa jadi karena menyenggol benda keras atau tekanan anginnya berlebihan.

Namun jangan salah, tekanan angin yang kurang juga bisa berakibat sama. Lantaran tepian ban mobil bakal menekuk ke dalam dan bagian side wall ban yang akan menapak ke jalan. Kondisi ini memperbesar risiko terjadinya benjol di bagian samping. Apalagi jika terhantam bagian jalan seperti patahan atau luban jalanan.

Menurut Slamet Haryadi, Foreman Toyota Auto2000 cabang Kalimalang, menjaga tekanan angin ban secara rutin sangat penting. Ban yang kempes tidak bekerja secara optimal, bahkan bikin cepat rusak.

“Ban kempes yang dipaksa jalan akan rusak, dan bisa bikin benjol bagian samping (cutting side wall), terutama jika lewat jalan yang belubang. Tyre Management Preasure sangat penting dan wajib dilakukan secara berkala,  yakni dengan mengisi tekanan angin ban sesuai  rekomendasi pabrik, yang terpasang di pinggir pintu mobil," ucap Slamet saat berbincang dengan Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam hal merawat kendaraan, ada yang harus dilakukan sendiri dan ada yang diserahkan ke bengkel. Sudah periksa kondisi ban kendaraan Anda hari ini? Selamat berkendara…


(UDA)