Tips Mobil,

Jangan Anggap Enteng Siklus Tepat Ganti Oli Mobil

Ekawan Raharja    •    Senin, 12 Feb 2018 08:58 WIB
tips mobil
Jangan Anggap Enteng Siklus Tepat Ganti Oli Mobil
Pergantian pelumas harus teratur dan tepat agar kondisi mesin tetap terjaga. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Pelumas mesin memang penting untuk diperhatikan agar kinerja mesin tetap lancar terjaga. Pemilik mobil juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti pelumas mobil.

Aturan kapan waktu yang tepat untuk mengganti pelumas ini memang beragam sesuai dengan jenis kendaraan dan pelumas yang digunakan. Umumnya mobil mengganti pelumas berkisar antara 4.000 hingga 10.000 kilometernya.

Namun yang disarankan adalah pertengahan yaitu 7.000 kilometer. Sebab bila terlalu cepat mengganti pelumas akan sayang sekali dalam menghamburkan uang, dan bila tepat sasaran maka akan memperoleh performa mobil yang lebih bagus dibandingkan dengan sebelumnya.

Jika merujuk terhadap waktu, biasanya mobil itu bisa ganti pelumas tiap 4-5 bulan, jangan kurang dan jangan lebih. Itu adalah jarak waktu normal untuk mengganti pelumas, seperti dikutip dari lama resmi Toyota.

Tentu saja pergantian pelumas ini juga terkait dengan pemakaian mobil. Bila pemakaian yang kita gunakan terlalu sering, maka akan membuat mesin itu menjadi encer. Jikalau mesin terlalu tidak digunakan, tentu saja akan menimbulkan kekentalan dalam pelumas yang digunakan.


(UDA)