Tips Motor

Tiga Jurus Ampuh Cegah Mesin Motor Overheat

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 18 Oct 2017 17:00 WIB
tips motor
Tiga Jurus Ampuh Cegah Mesin Motor Overheat
Radiator harus dirawat agar mesin tak overbet. DBBikes

Metrotvnews.com, Jakarta: Mesin motor modern kini banyak dilengkapi dengan pendingin cairan. Cairan pendingin akan mendinginkan suhu mesin sehingga blok mesin pun polos tanpa sirip, seperti halnya motor berpendingin udara.

Jelas dari manfaat, sistem pendingin cairan lebih ampun menjaga suhu kerja mesin. Tapi jika tak dirawat, maka mesin sewaktu-waktu bisa overheat dan mesin motor akan sontak mati. Berikut tiga jurus ampuh untuk mencegah mesin motor overheat.

Cairan Radiator
Gunakan cairan khusus, bukan air keran biasa. "Radiator coolant punya titik didih lebih tinggi dan dilengkapi anti karat dan lebih kental," kata Polo Irfansyah dari VJ Racing Speed.

Radiator
Penampang radiator dilengkapi dengan sirip-sirip tempat udara lewat, yang akan mendinginkan suhu air radiator. Lantaran posisinya berada di bagian agak ke bawah dan dekat dengan posisi roda depan (untuk tipe motor sport dan bebek super) dan dekat dengan roda belakang (untuk tipe motor otomatis), maka rentan kerikil melukai radiator ini.

"Biasa bengkok karena kerikil, disemprot air bertekanan saat mencuci hingga orang iseng. Kalau banyak sirip bengkok, udara akan sulit lewat sirip-sirip itu untuk mendinginkan," lanjutnya.

Cover Radiator
Punya fungsi mencegah sirip radiator bengkok karena kerikil dan sebab lainnya yang sudah disebutkan di atas. Tapi pilih cover radiator yang punya banyak lubang, terbuka dan minim hambatan ya.


(UDA)