Tips Knowledge

Potensi Hujan Tinggi, Hindari Parkir di Bawah Pohon

Ahmad Garuda    •    Senin, 27 Nov 2017 18:31 WIB
tips knowledge
Potensi Hujan Tinggi, Hindari Parkir di Bawah Pohon
Parkir di bawah pohon di musim hujan, riskan tertimpa pohon. 2. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Jakarta: Intensitas hujan yang mulai tinggi di wilayah Indonesia, mewajibkan kita mulai waspada. Lantaran selain banyaknya wilayah yang rentan mengalami banjir, juga karena angin kencang riskan membuat pohon atau papan iklan besar rentan roboh.

Kalau sudah begini, tentu akan sangat berisiko jika memarkir kendaraan di bawah pohon-pohon besar atau papan billboard berukuran besar. Praktisi safety driving Rifat Sungkar dalam beberapa kesempatan juga sudah menegaskan agar sebisa mungkin mencari tempat parkir yang aman.

"Memang dalam kondisi cuaca yang kurang baik seperti sekarang, banyak kemungkinan yang bisa saja terjadi. Mulai dari banjir di jalan-jalan yang mungkin tidak pernah terjadi sebelumnya. Kemudian juga pohon roboh saat kita sedang asik berkendara hingga papan iklan yang bisa saja tumbang ditiup angin," klaim Rifat.

Sebuah mobil yang parkir di tepi jalan, tertimpa patahan ranting pohon. ANTARA FOTO/Reno Esnir

Untuk itu, pria dengan dua anak itu menyarankan agar lebih waspada saat mencari tempat untuk memarkir kendaraan. Karena di tempat-tempat parkir dengan bidang yang luas itulah biasanya tiupan angin secara bebas menerpa pepohonan yang tumbuh di sana.

Padahal saat memarkir kendaraan biasanya orang akan mencari tempat yang teduh misalnya di bawah pohon atau di bawah papan iklan besar. Karena sinar matahari tidak langsung menerpa.

Bilboard berukuran besar pun riskan jatuh dan menimpa semua yang ada di bawahnya. ANTARA FOTO/Muhammad Deffa

Hal lain yang wajib diketahui adalah pentingnya asuransi kendaraan. Untuk hal-hal force majeur seperti ini, sangat tidak terprediksi. Jadi penting perlindungan yang aman untuk kendaraan.


(UDA)