Tips Perawatan Motor

Rutin Cek Oli Motor, di Musim Penghujan

Ekawan Raharja    •    Selasa, 03 Oct 2017 16:14 WIB
perawatan kendaraan
Rutin Cek Oli Motor, di Musim Penghujan
Cek kondisi oli bisa dilakukan melalui dipstick. YT

Metrotvnews.com, Jakarta: Memasuki musim penghujan, biasanya disertai banyaknya genangan air bahkan banjir di beberapa daerah. Biasanya sepeda motor yang paling sering terkena dampak buruk genangan air ini karena nekad menerobos.

Agar tak terjadi mogok di jalan, tentu harus jeli melihat kondisi jalanan dan ketinggian genangan air. Selain itu juga patut memperhatikan kondisi pelumas di dalamnya.

Memeriksa kondisi oli bisa dilakukan dengan mudah. Pemilik motor bisa memeriksanya sendiri dengan memperhatikan dipstick yang menyatu dengan tutup lubang oli.

"Pantau dari dipstick saja, lihat volume dan warna olinya," ujar Mekanik TDR Technology Center, Ari Kuncahyo, kepada tim Metrotvnews.com.

Jika oli sudah tercampur dengan air, maka warna dan kekentalannya akan berubah. Biasanya oli akan berwarna putih dan oli akan menjadi lebih encer.

Air bisa saja masuk ke ruang oli melalui lubang-lubang yang ada, seperti lubang knalpot atau tutup lubang oli yang tidak rapat. Kesempatan ini bisa saja membuat air hujan atau air yang tergenang masuk ke ruang mesin dan oli.

"Kalau habis menerobos banjir, sebaiknya langsung dibawa ke bengkel untuk diperiksa atau langsung ganti oli. Langkah ini dilakukan sebagai antisipasi andai ada rembesan air masuk ke ruang mesin," tutur pemilik bengkel di Jatiwarna, Ahmad, kepada Metrotvnews.com.

Efek buruk yang dihasilkan jika kondisi oli memutih dan encer adalah mesin tidak terlumasi dengan baik. Sehingga beberapa komponen berpotensi tergores atau rusak dan tidak tahan terhadap panas. Kondisi ini pastinya membuat mesin bisa rusak andai dibiarkan dalam waktu yang lama.


(UDA)