Komponen Safety buat Motor

Pahami Fungsi Foot Step Lipat dan Permanen di Sepeda Motor

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 07 Nov 2018 09:10 WIB
tips knowledge
Pahami Fungsi <i>Foot Step</i> Lipat dan Permanen di Sepeda Motor
Jenis footstep lipat atau permanen disesuaikan model sepeda motornya. Medcom.id

Jakarta: Pernahkah Anda memperhatikan bentuk footstep (pijakan kaki) pengendara pada sepeda motor jenis sport dengan bebek itu berbeda?. Pada model sport, rata-rata footstep-nya bisa dilipat atau menekuk ketika terdorong, namun untuk motor tipe bebek kebanyakan model permanen, dengan besi yang dilapisi karet.

Apa tujuan dari membedakan jenis footstep yang digunakan? Menurut  Yosi, mekanik sekaligus pemilik bengkel motor Bengbrand yang praktek di wilayah Bekasi Timur, perbedaan footstep lebih pada style dari sepeda motor itu sendiri.

"Lebih ke gaya saja menyesuaikan dengan jenis motornya kalau untuk penggunaan harian. Lain cerita kalau untuk penggunaan balap yang memang harus pakai footstep paten supaya tidak bergerak-gerak," katanya.

Menyesuaikan jenis sepeda motor rasanya memang tepat, pasalnya ketika menggunakan motor tipe sport dan kaki harus turun, entah ketika macet atau mendorong motor, betis akan menyentuh footstep. 

Dan dengan footstep model lipat ini gerak kaki jadi tidak terhalang. Hal ini disebabkan juga dengan riding position motor tipe sport yang posisi kakinya lebih mundur ke belakang.

Lain hal dengan tipe motor bebek, pergerakan kaki nyaris tidak bersentuhan dengan footstep meski motor itu pakai footstep permanen. Intinya memang pada menyesuaikan model dan style dari motor itu sendiri.


(UDA)