Tips Knowledge

Tips Berkendara Aman di Musim Hujan

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 11 Oct 2017 08:13 WIB
tips knowledge
Tips Berkendara Aman di Musim Hujan
Perhatikan jarak pengereman antar mobil saat hujan. Lifehacker

Metrotvnews, Jakarta: Perubahan cuaca dan peningkatan curah hujan dalam beberapa hari terakhir, membuat para pengendara butuh konsentrasi ekstra. Selain jarak pandang yang lebih terbatas, munculnya genangan air di permukaan jalan salah satu hal yang patut diwaspadai, karena berisiko terhadap keselamatan dan jarak pengereman.

Untuk meningkatkan keamanan di perjalanan, baik saat menjalankan aktivitas sehari-hari, maupun saat bepergian bersama keluarga atau orang-orang terdekat, Chevrolet memberikan beberapa tips berkendara dengan aman, terutama saat musim hujan.

Mereka mengatakan, hal pertama yang mesti dipersiapkan adalah melakukan standar check-up kendaraan. Di antaranya dengan memeriksa wipers, tekanan ban, oli, mesin, baterai/aki serta lampu. Pengisian bahan bakar dalam kondisi penuh sangat disarankan sebelum Anda bepergian jauh. 
 
Kemudian rencanakan rute sebelum bepergian, terlebih saat Anda menuju daerah yang jarang atau belum pernah dikunjungi. Perasaan tersesat akan menimbulkan kebingungan dan menganggu konsentrasi. Apalagi potensi cuaca hujan dan jarak pandang yang buruk membutuhkan kemampuan mengemudi ekstra hati-hati. 

Selalu gunakan gigi rendah ketika melewati jalan menanjak atau turunan yang curam dan licin. Menggunakan gigi rendah sebelum mencapai tikungan curam sangat membantu pengereman, dan membantu Anda mengontrol kecepatan kendaraan. Serta membuat rem Anda bertahan lebih lama atau disebut dengan engine break.

Pastikan mobil Anda pada kondisi yang baik, terutama pada bagian mesin. Dalam kondisi jalan yang berbukit, mobil dengan torsi besar akan lebih andal dalam menaklukan medan.

Latih kesabaran. Tetap sabar walaupun berkendara di tengah kondisi jalan yang macet. Hindari menyusul kendaraan lain ketika Anda tidak bisa melihat jalanan di depan Anda, seperti pada tikungan, jembatan, bukit, dan lereng gunung.

Terakhir Anda bisa memanfaatkan fitur atau teknologi yang mendukung, seperti Lane Departure Warning, Forward Collision Alert, Panic Brake Assist, Electronic Stability Control, dan Anti-Rolling Protection akan membuat pengemudi tetap tenang dalam perjalanan. Chevrolet salah satu brand yang mengaplikasikan beberapa teknologi untuk meningkatkan keamanan dalam perjalanan ke pegunungan, seperti Hill Descent Control (HDC) dan Hill Start Assist (HSA).


(UDA)