Tips Motor

Rutin Memeriksa Sistem Pendingin, Cegah Mesin Motor Overheat

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 31 Dec 2017 18:04 WIB
tips motor
Rutin Memeriksa Sistem Pendingin, Cegah Mesin Motor Overheat
Sistem pendingin di sepeda motor harus rutin diperiksa

Jakarta: Mesin sepeda motor yang dilengkapi sistem pendingin ada baiknya melakukan perawatan berkala. Sistem pendinginan mesin sepeda motor saati ni ada tiga macam, yaitu pendingin udara, pendingin oli, dan pendingin cairan. 

Dari ketiganya yang banyak digunakan saat ini adalah pendingin udara dan cairan, sedang pendingin oli hanya dimiliki oleh Suzuki Satria F150.

Sistem pendingin cairan masih dianggap yang terbaik. Sistem kerjanya cairan pendingin akan melewati area mesin kemudian menuju radiator yang dilewati udara segar, dan cairan yang suhunya sudah lebih rendah kembali melewati mesin.

Sayangnya banyak yang masih tidak acuh merawat radiator motor. “Radiator tidak berfungsi maksimal justru bisa membuat mesin rusak karena overheat loh,” jelas VJ Racing Speed (VJRS), Paolo Irfansyah, beberapa waktu lalu.

Merawat radiator sebenarnya mudah saja, dimulai dari penggunaan cairan radiator dengan spesifikasi khusus. "Karena punya formula khusus, titik didih lebih tinggi, punya anti karat dan lebih kental," sambungnya.

Berikutnya perhatian sirip-sirip penampang radiator. Umumnya terjadi pembengkokan karena terkena kerikil, disemprot air bertekanan, hingga perbuatan iseng orang lain. Jika banyak yang bengkok, maka udara tidak bisa melewati sirip-sirip itu dan pendinginan jadi kurang maksimal.

"Cara perbaikinya bisa pakai pinset dan luruskan kembali sirip yang bengkok, tapi hati-hati jangan sampai patah. Kalau tak mau repot bisa di bawa ke bengkel spesialis radiator," saran pebengkel di wilayah Kalisari, Jakarta Timur ini.

Mencegah sirip bengkok lagi, bisa pasang cover radiator yang sudah banyak dijual dipasaran. “Lumayan berfungsi untuk melindungi radiator dari kerikil-kerikil saat perjalanan. Soalnya ada kasus radiator bocor karena terkena lemparan kerikil,”tutup Ivan sapaan akrabnya.




(UDA)