Tips Knowledge

Rawat Bodi Berwarna Doff, Tak Boleh Asal Poles!

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 23 Mar 2018 12:31 WIB
tips motor
Rawat Bodi Berwarna Doff, Tak Boleh Asal Poles!
Warna doff butuh perlakuan khusus dalam hal perawatan. Dok. Medcom

Jakarta: Dalam merawat bodi motor, banyak orang beranggapan selain dicuci bersih, agar bodi motor tetap kinclong bisa dengan dipoles. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan baret-baret halus. 

Iya itu jika motor Anda berwarna glossy (kilap), tapi jika bodi motor Anda berwarna doff (matte)? Hal itu  justru jadi penyakit, bodi motor akan berubah dari doff jadi glossy nantinya.

"Motor dengan warna doff jangan dipoles atau diperlakukan seperti warna glossy. Kalau dipoles malah bisa mengkilap," saran Joddy Ario dari JDM Project beberapa waktu lalu.

Untuk membersihkan bodi jenis ini, cukup menggunakan air dan sabun khusus dengan campuran kimia yang tak berlebihan. "Bisa sabun khusus motor atau sampo rambut saja," lanjutnya.

Selain itu, siapkan juga alat bantu mencuci seperti microfiber dan spoon yang halus. Ingat, warna doff kalau baret justru berupa area yang mengkilap.

"Cara yang lainnya adalah jangan mencuci di area terbuka agar warna tidak cepat belang," sambung pebengkel di Jatiwaringin, Jakarta Timur itu. Terakhir, keringkan motor dengan benar, karena jika masih ada air, akan meninggalkan bercak (water spot).


(UDA)