Tematis Aki

Kenali Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 26 Sep 2016 09:47 WIB
tips knowledge
Kenali Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering
Pilih jenis aki sesuai kebutuhan. Wikihow

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyaknya pilihan produk dari beragam merek membuat konsumen bingung memilih jenis aki dan spesifikasi untuk kendaraan bermotor. Bahkan untuk hal sepele yang sering didengar pun, sebagian konsumen malah tak mengerti fungsi dan kegunaannya. Seperti istilah aki basah dan aki kering.

Toha, mekanik yang praktek di bengkel Pit Stop di bilangan Jakarta Timur menjelaskan, bahwa semua aki yang ada di pasaran menggunakan air aki, yang isinya cairan elektrolit (H2SO4). Tapi masyarakat banyak yang mengasumsikan jika aki kering tidak menggunakan cairan.

"Yang disebut aki basah adalah kita bisa mengisi sendiri air akinya yang ada lubang pengisiannya. Saat membeli aki baru biasanya toko menawarkan untuk diisi langung atau dilakukan sendiri oleh konsumen. Sedangkan yang disebut aki kering, cairan akinya sudah langsung diisi dari pabrik, dan tidak ada lubang pengisiannya," jelas Toha.


Disebut aki kering karena air aki diisi langsung oleh pabrikan

Aki Basah adalah jenis aki yang harus mendapatkan perawatan rutin dan secara berkala, mulai dari volume air aki, kondisi cairan dalam wadah dan melakukan pengecasan secara berkala. Sedangkan, yang sering disebut istilah aki kering adalah termasuk jenis aki yang bebas perawatan, karena air aki diisi langsung dari pabrik, dan dapat langsung digunakan tanpa perlu mengisi ulang air aki.

Biasanya aki ini punya indikator untuk pengecasan. Selain itu aki kering juga lebih praktis digunakan, karena tidak perlu khawatir cairan aki akan tumpah, terutama ketika mobil terguncang di jalan yang rusak, tanjakan atau turunan.


(UDA)